Indonesia Dipandang Selenggarakan World Water Forum Terbaik Sepanjang Sejarah

21 May 2024 - 11:19 WIB
Dokumentasi WWF

Tribratanews.polri.go.id - Bali. Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Sumber Daya Air, Firdaus Ali, menyatakan World Water Forum ke-10 di Bali menjadi yang terbaik sepanjang sejarah. Hal itu disampaikan para kepal negara, delegasi, dan tamu yang hadir.

“Ini adalah forum air yang terbaik sepanjang sejarah mulai dari persiapan hingga pelaksanaan. Banyak yang terkesan dengan penyelenggaraannya, terlebih forum ini merupakan forum pertama yang terlaksana setelah pandemi COVID-19,” jelasnya, Selasa (21/5/24).

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini Untuk Wilayah Jakarta

Ia berharap bahwa dampak nyata menghadirkan solusi dari permasalahan air di dunia dapat benar-benar lahir dari forum ini. Hal itu ditunjukkan dengan empat usulan pemerintah Indonesia yang akan didorong menjadi sebuah kesepakatan bersama.

Usulan pertama adalah penetapan Hari Danau Sedunia (World Lake Day) melalui resolusi PBB. Kemudian, pengelolaan air untuk negara-negara berkembang di pulau-pulau kecil.

Lalu, pencatatan daftar proyek air sebagai Compendium of Concrete Deliverables and Actions yang bersifat inklusif namun sukarela. Compendium akan berisi daftar proyek, inisiatif, dan kolaborasi yang dikelola oleh stakeholders air tingkat nasional, regional, dan internasional.

Lebih lanjut disebutkannya, Indonesia juga akan menyiapkan platform online untuk proses submisinya.

“Kalau Indonesia bisa mendorong usulan Hari Danau Sedunia untuk disahkan, maka ini juga menjadi peristiwa bersejarah yang berhasil kita torehkan bersama. Danau memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketersediaan air di dunia, sehingga harus bisa dikelola dengan baik,” ujarnya.

(ay/hn/nm)

in

Share this post

Sign in to leave a comment