Mendagri Pimpin Ministerial Meeting Dalam World Water Forum

21 May 2024 - 11:12 WIB
Dokumentasi Puspen Kemendagri

Tribratanews.polri.go.id - Bali. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memimpin Ministerial Meeting sebagai salah satu sesi dalam World Water Forum Ke-10. Forum ini dihadiri oleh delegasi dari berbagai negara yang berkumpul untuk membahas tantangan dan solusi terkait pengelolaan air.

Mendagri selaku Chair dalam Ministerial Meeting pun menekankan pentingnya air sebagai sumber kehidupan.

Baca Juga: WWF Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi Pengamanan TNI-Polri

"Pentingnya akses terhadap air minum yang bersih dan aman sebagai hak asasi manusia dan landasan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat," jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (21/5/24).

Ia menyatakan, air berada di garis depan tantangan global saat ini dan masa depan dengan kombinasi pertumbuhan populasi, polusi, dan kenaikan suhu yang menyebabkan kelangkaan air di banyak tempat di dunia. Selain itu, terdapat dampak perubahan iklim yang meningkatkan frekuensi dan intensitas banjir dengan risiko jutaan orang tanpa pengelolaan air yang berkelanjutan.

"Masalah air tidak hanya menjadi perhatian profesional dan akademis, tetapi juga membutuhkan kepemimpinan kuat dari para pengambil kebijakan. Air bersifat politis," ujarnya.

(ay/hn/nm)

in

Share this post

Sign in to leave a comment