Hoax! Mantan Menkominfo Johnny G.Plate Memohon Kepada Presiden Jokowi untuk Dibebaskan

6 June 2023 - 22:00 WIB
Foto: Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar sebuah postingan video di Facebook yang mengklaim bahwa mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memohon kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar dibebaskan dari kasus korupsi penyediaan Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Diketahui, dalam thumbnail video tersebut terdapat foto yang menampilkan seseorang yang sedang bersujud di hadapan Presiden Jokowi dan menyertakan narasi "Datangi Presiden Jokowi Jonny G Plate Ngemis Minta Bebas & Akan Bongkar Semuanya".

Faktanya, pria yang terlihat bersujud di hadapan Presiden Jokowi tersebut bukanlah Johnny G. Plate, melainkan seorang tamu dari masyarakat umum saat acara open house Idulfitri di Istana Negara pada 5 Juni 2019, dilansir dari kompas.com, Senin (5/6/23).

Baca Juga:  Cerita Dokter Polri Berpacu dengan Waktu Tangani Jemaah yang Kena Serangan Jantung

Disisi lain narator dalam video tersebut membacakan artikel tempo.co dengan judul "Siapa Terima Aliran Dana Johnny G. Plate?".

Artikel tersebut tidak memuat informasi apa pun mengenai permohonan Johnny G. Plate agar dibebaskan dari kasus korupsi penyediaan BTS 4G.

Kesimpulannya, video dengan durasi 8 Menit 46 detik tersebut merupakan informasi palsu/hoax.

(as/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment