[Hoaks] Presiden RI Jokowi Tawarkan Gibran Rakabuming untuk Menjadi Cawapres Anies Baswedan

26 August 2023 - 22:00 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Youtube dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Anies Baswedan untuk menawarkan putranya, Gibran Rakabuming Raka, menjadi pasangan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Faktanya, dikutip dari merdeka.com, klaim Presiden Jokowi mendatangi Anies Baswedan untuk menawarkan putranya, Gibran Rakabuming Raka, menjadi pasangan cawapres di Pilpres 2024 adalah tidak benar. Foto yang sama ditemukan pada situs voaindonesia.com berjudul “Bertemu Jokowi, Anies-Sandi Tidak Bahas Reklamasi”.

Baca Juga: [Disinformasi] Presiden RI Jokowi Undang Rocky Gerung ke Istana Presiden untuk Klarifikasi Ucapannya

Foto yang digunakan dalam thumbnail tersebut adalah foto yang diambil pada pertemuan Presiden Jokowi dengan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Istana Merdeka pada Rabu, 25 Oktober 2017 lalu. Namun, narator justru membacakan delapan kesepakatan kerja sama dari hasil pertemuan Presiden Jokowi dan Xi Jinping yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan klaim yang disebutkan dalam judul video.

Kesimpulan, video di Youtube dengan klaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Anies Baswedan untuk menawarkan putranya, Gibran Rakabuming Raka, menjadi pasangan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 adalah informasi yang tidak benar/hoaks.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment