[Disinformasi] Presiden RI Jokowi Undang Rocky Gerung ke Istana Presiden untuk Klarifikasi Ucapannya

26 August 2023 - 09:00 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan narasi yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang pengamat politik, Rocky Gerung ke Istana guna mengklarifikasi ucapannya sebagaimana saat ini beredar di media sosial. Dalam video berdurasi 10 menit 36 detik tersebut turut terlihat thumbnail video  gambar Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dan Rocky Gerung sedang berjalan bersama.

Faktanya, dilansir dari Cek Fakta liputan6.com, klaim yang menyatakan bahwa Presiden Jokowi mengundang Rocky Gerung ke Istana guna mengklarifikasi ucapannya sebagaimana saat ini beredar di media sosial adalah tidak benar.

Baca Juga:  Ahli: Paparan Polusi Udara Bisa Tingkatkan Resiko Demensia

Diketahui bahwa gambar yang termuat pada thumbnail video tersebut merupakan hasil suntingan belaka. Sementara itu, sampai saat ini tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait pemanggilan Rocky Gerung ke Istana oleh Presiden Jokowi.

Kesimpulan, video di Facebook yang menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang pengamat politik, Rocky Gerung ke Istana guna mengklarifikasi ucapannya adalah informasi yang keliru/disinformasi.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment