[Hoaks] Narapidana Bermain TikTok di Lapas

20 June 2023 - 07:15 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Beredar di media sosial Facebook video yang diklaim merupakan video narapidana (napi) perempuan yang sedang bermain TikTok. Napi tersebut merupakan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II B Jambi.

Ditelusuri dari Kominfo, klaim pada video tersebut adalah tidak benar. Melalui akun Instagram resminya @lpp_ jambi mengklarifikasi. Senin (19/6/23).

Baca Juga:  [Hoaks] Presiden RI Joko Widodo dan Ketum PSSI Erick Thohir Sambut Kedatangan Lionel Messi di Jakarta

Faktanya: dikutip dari rri.co.id, Kepala Lapas Perempuan Kelas II B Jambi Triana Agustin mengonfirmasi informasi tersebut adalah hoaks. Setelah dilakukan pengecekan melalui sistem database pemasyarakatan, tidak ada napi dengan nama dan wajah pada video tersebut. Lalu diberitahukan tidak ada handphone beredar di Lapas Perempuan Kelas II B Jambi. Lokasi pengambilan video tersebut juga bukan di Lapas Perempuan Kelas II B Jambi.

Kesimpulan: Terdapat perbedaan dinding pada video dengan dinding kamar hunian pada Lapas Perempuan Kelas II B Jambi. Maka dapat disimpulkan informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment