Idul Adha Sebentar Lagi, Berikut Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar

19 June 2023 - 15:00 WIB
Foto: Suara.com

Tribratanews.polri.go.id - Momentum perayaan Hari Raya Idul Adha tinggal sebentar lagi. Biasanya di momen tersebut, kebanyakan masyarakat akan mendapatkan daging kurban.

Bagi yang biasa mendapatkan daging kurban, bersiaplah untuk mengosongkan tempat di kulkas untuk menyimpan daging dari hewan kurban. Hal itu dilakukan jika kita berniat untuk menyimpan sebagian daging itu untuk dimasak pada kesempatan lain.

Dirangkum dari rri.co.id, berikut ini beberapa tips menyimpan daging kurban di kulkas agar tetap segar.

1. Jangan Dicuci

Cara menyimpan daging kurban yang pertama adalah jangan mencucinya sebelum disimpan. Usahakan daging disimpan dalam keadaan segar setelah dipotong.

Alasannya adalah, karena daging yang sudah terkena udara sangat rentan terserang bakteri apabila tidak cepat-cepat diolah. Jadi jika sudah mendapatkan daging segar dan belum niat dimasak, taruh langsung ke freezer kulkas.

Baca Juga:  Waspada! Polusi Udara Bisa Memperpendek Umur

2. Taruh di Wadah yang Tertutup Rapat

Cara menyimpan daging kurban yang kedua adalah dengan menaruhnya di tempat atau wadah yang tertutup rapat. Usahakan jangan menggunakan bungkus plastik bawaan dari panitia kurban. Pisahkan daging kurban sesuai takaran konsumsi harian, tempatkan di wadah yang berbeda-beda dan tutup dengan rapat. Disarankan untuk memilih wadah makanan dengan food grade yang sudah terjamin keamanan bahannya.

Tempatkan setiap porsi daging di wadah yang berbeda-beda. Daging di dalam wadah yang disimpan di kulkas dapat bertahan hingga satu tahun lamanya. Alasan untuk memotong dan membuang daging dalam porsi-porsi kecil adalah untuk memudahkan pada saat ingin mengolahnya. Membuang daging dalam potongan besar dan membekukannya akan membutuhkan waktu lama ketika ingin dicairkan.

3. Jangan Biarkan Daging Terlalu Lama di Suhu Ruang

Kualitas daging akan menurun jika berada pada suhu ruang dalam jangka waktu 1 hingga 2 jam saja. Selain itu, warna dari daging akan berubah menjadi pucat jika ditaruh di suhu ruang.

4. Bumbui sebelum disimpan

Selain bisa memberikan cita rasa yang lebih lezat, membumbui daging juga ada manfaatnya. Memarinasi daging sebelum disimpan dalam kulkas bisa membuat daging lebih awet. Apalagi jika bumbu yang digunakan berupa kunyit, garam, gula dan bawang. Bumbu-bumbu alami tersebut mengandung zat antibakteri yang mampu membunuh bakteri pada daging.

5. Pastikan ruang penyimpanannya bersih

Daging yang sudah disiapkan untuk disimpan selanjutnya bisa langsung dimasukkan ke dalam freezer. Baik akan disimpan pada wadah freezer sendiri atau wadah freezer yang menyatu dengan kulkas. Sebelum dimasukkan, pastikan agar area freezer sudah bersih dari kotoran makanan yang tidak bisa disimpan bersamaan dengan daging. Area penyimpanan yang kotor akan sangat mengganggu kualitas daging walaupun sudah ditangani dengan baik.

Sebelum disimpan pastikan juga kantung dan wadah penyimpanan daging sudah bersih dari cairan darah yang menetes. Jangan sampai masih ada cairan daging yang keluar dan menggenang mengotori area penyimpanan hingga mengontaminasi potongan daging lain.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment