[Hoaks] Anak Buah Anies Baswedan Berupaya Lakukan Penyerangan ke Istana Negara

28 July 2023 - 22:00 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook yang mengklaim bahwa orang kepercayaan mantan Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Anies Baswedan melakukan penyerangan ke Istana Negara. Dalam thumbnail video berdurasi 9 menit 51 detik tersebut terdapat narasi "Serangan Ke Istana Gagal Total, Orang Penting Anies Berhasil Dilumpuhkan".

Faktanya, diketahui bahwa gambar yang termuat pada thumbnail video tidak berkaitan dengan upaya penyerangan ke Istana Negara. Gambar tersebut identik dengan foto insiden bom bunuh diri di Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Medan yang dirilis oleh tribunnews.com pada 13 November 2019.

Baca Juga:  Wapres Minta ASN Jaga Kondusfitas Jelang Pemilu 2024

Dalam postingan tersebut terdapat narasi yang  dibacakan merupakan artikel bbc.com yang dirilis pada 11 Desember 2016. Sampai saat ini, tidak ditemukan informasi yang kredibel terkait penyerangan yang dilakukan oleh orang kepercayaan Anies Baswedan ke Istana Negara.

Kesimpulan, video di Facebook yang mengklaim bahwa orang kepercayaan mantan Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Anies Baswedan melakukan penyerangan ke Istana Negara adalah tidak benar/ hoaks.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment