Berikut Makanan Khas Kepri yang Wajib Dicicipi saat Berkunjung

24 February 2023 - 05:32 WIB
IDNTimes

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Belum lengkap rasanya jika mengunjungi Kepulauan Riau (Kepri) tidak mencicipi makanan yang merupakan bagian dari bangsa Melayu. Jadi jangan heran ketika berkunjung ke Kepri akan banyak sajian makanan khas yang unik dengan olahan kental unsur Melayu.

Baca juga : Inilah 5 Budaya Sunda yang Terkenal Hingga Internasional

Kali ini ada beberapa makanan khas Kepri yang yang wajib dicicipi saat berkunjung, seperti dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, Kamis (23/2/23): 

1. Nasi Lemak
Makanan khas Batam ini, biasanya disajikan untuk sarapan. Nasi Lemak dinikmati dengan campuran sayur, ikan teri goreng, kacang, dan telur. Bukan hanya di Batam, nasi lemak ini juga bisa ditemukan di wilayah Kepri lainnya.

2. Gonggong
Ini merupakan siput laut yang hidup di perairan Kepri. Rasanya sangat unik dan nikmat disantap selagi hangat. Biasa gonggong diolah dengan cara direbus bersama bumbu khas berempah Makanan ini bisa ditemukan di Batam, Tanjung Pinang dan seluruh wilayah Kepri.

3. Mie Lendir
Makanan khas Kepri ini berbahan dasar mie kuning, tauge, irisan cabe, telur rebus dengan kuah kental berwarna kecoklatan yang pedas. Adapun kuah kentalnya terbuat dari kacang tanah campuran sagu, sehingga berbentuk lendir. Mie Lendir ini dapat ditemui di Batam, Tanjung Pinang dan wilayah Kepri lainnya. 

4. Selais Asap
Ini merupakan ikan yang diasap dalam waktu yang cukup lama hingga ikan kering. Penyajiannya, dimasak kembali menggunakan rempah-rempah khas Kepri dan dihidangkan bersama petai yang membuat selera makan menjadi nikmat.

5. Deram-deram
Makanan ini bentuknya seperti donat dan merupakan makanan khas Pulau Penyengat yang bisa. Makanan ini bisa ditemui di Tanjung Pinang. Makanan ringan ini sudah ada sejak masa Kesultanan Melayu. Kue yang terbuat dari gula merah dan tepung beras memiliki rasa yang sangat legit dan manis. Sehingga cocok untuk dijadikan buah tangan pulang dari Kepri.

6. Tepung Gomak
Makanan ini adalah campuran tepung ketan atau pulut putih dan tepung kacang hijau. Adonan juga memiliki isi, yaitu campuran kelapa parut, gula pasir, gula merah dan garam. Proses pembuatan makanan khas ini direbus hingga matang lalu disajikan dengan taburan kacang hijau halus layaknya menggunakan bedak. Itulah alasan kue ini dinamakan tepung gomak.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment