Inilah 5 Budaya Sunda yang Terkenal Hingga Internasional

20 February 2023 - 07:00 WIB
Detik

Tribratanews.polri.go.id - Indonesia memiliki banyak budaya. Beberapa diantaranya banyak yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Bahkan tidak jarang orang luar negeri mempelajari budaya tersebut. 

Salah satunya adalah budaya Sunda. Sunda adalah suku yang memiliki banyak budaya dengan nilai filosofis tinggi. 

Baca juga : Ini Kuliner Khas Kaltim Terlezat yang Wajib Dicoba

Berikut ini adalah 5 budaya Sunda yang terkenal hingga internasional, dilansir dari dinansialku.com : 

1. Wayang Golek
Wayang merupakan salah satu budaya yang lekat di Indonesia. Berbeda dengan wayang kulit pada umumnya, Sunda memiliki wayang golek yang biasanya terbuat dari kayu.

Wayang tersebut dibentuk seperti suatu tokoh tertentu, misalnya cepot, dan terdapat kayu untuk menggerakkannya. Untuk menggerakkannya terutama dalam pementasan dibutuhkan pengendali wayang yang disebut dengan dalang.

2 Tari Jaipongan
Tarian khas Sunda ini berasal dari Karawang. Tarian ini diciptakan oleh H. Suanda di tahun 1976 dan merupakan tarian kombinasi. Hal ini dikarenakan Tari Jaipong merupakan percampuran dari seni pencak silat dengan Tari Topeng Banjek, Ketuk Tilu bahkan Wayang Golek.

Diiringi oleh musik gamelan (degung, ketuk, gendang, rebab, kecrek, gong) dan iringan nyanyian sinden, tarian jenis ini berkembang dengan sangat pesat.

3. Sisingaan
Sisingaan merupakan boneka singa yang ukurannya besar dan dapat dinaiki. Sisingaan ini terbuat kayu, dengan bulu yang terbuat dari benang rafia dan badan dibungkus dengan kain.

4. Tarian Kuda Renggong
Tarian ini berasal dari Sumedang. Renggong sendiri memiliki arti keterampilan. Dalam pertunjukan kesenian ini, penari menggunakan kuda yang dilatih mengikuti irama musik dan menari.

Kuda yang dipergunakan adalah kuda asli sehingga yang dipilih adalah yang berbadan kuat dan tegap.

5 Degung
Selain angklung, Sunda memiliki alat musik tradisional yang juga terkenal hingga mancanegara. Alat musik tradisional tersebut adalah degung. Namanya sendiri diambil dari bahasa Belanda yaitu De Goong yang berarti gamelan.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment