Batik, Warisan Indonesia yang Diakui Dunia

6 January 2023 - 13:00 WIB
sibakuljogja.jogjaprov.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pada 2 Oktober 2009, UNESCO menerapkan Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non - Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Maka, melalui keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009, pemerintah pun menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Baca juga : Berikut 6 Pakaian Adat Jawa Tengah, Ada yang Mendunia dan Diakui UNESCO

Batik memang sudah dikenal lama di berbagai daerah di Indonesia. Batik tidak hanya tumbuh dan berkembang di tanah Jawa. Ada beberapa arkeolog dan sejarawan mempercayai tradisi batik adalah asli dari daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua.

Dilansir dari medcofoundation.org, Jumat (6/1/23), motif batik di Indonesia diklaim mencapai ribuan. Seperti yang dilakukan Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya yang melakukan pendataan mengenai motif batik asal Indonesia beberapa tahun lalu. Hasilnya, di Indonesia ada sekitar 5.849 motif batik berhasil teridentifikasi.

Tentunya UNESCO memiliki alasan dalam memberi pengakuan batik sebagai warisan kemanusiaan dan budaya. Mereka melihat teknik, simbolisme, dan budaya dalam pembuatan batik yang diwarnai menggunakan tangan pada bahan katun dan sutra telah menyatu dengan kehidupan rakyat Indonesia. Tradisi membatik sendiri dilakukan dari generasi ke generasi. Membatik dilakukan orang Indonesia di berbagai daerah dari usia kecil hingga dewasa.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment