Wujud Kepedulian Terhadap Masyarakat, Polda Sulbar Bedah 24 Rumah Warga

8 October 2022 - 19:04 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Mamuju. Hingga akhir tahun 2022, Polda Sulawesi Barat (Sulbar) memprogramkan bantuan bedah rumah bagi warga kurang mampu. Program ini diinisiasi langsung oleh Kapolda Sulbar, Irjen. Pol. Verdianto Iskandar Bitticaca sebagai bentuk kepedulian bagi warga yang tinggal di rumah yang tak layak huni.

"Program bedah rumah ini langsung dari Bapak Kapolda. Beliau sangat empati dan peduli terhadap warga yang rumahnya sudah tidak layak huni," jelas Dir Binmas Polda Sulbar, Kombes. Pol. Andarias, Jumat (7/10/2022).

Dir Binmas Polda Sulbar menambahkan, dari 24 rumah yang ditargetkan,  12 di antaranya telah rampung. Adapun rinciannya, rumah di Mamuju, serta masing-masing satu unit di Kabupaten Mamasa, Polewali Mandar, Majene, Mamuju Tengah, dan Pasangkayu.

“Bantuan bedah rumah itu disalurkan dalam bentuk material bangunan dengan bagian rumah yang sudah dibuat. Di antaranya rangka, lantai, dinding, atap, dan bagian lainnya. Hanya saja dibongkar ulang agar memudahkan distribusinya,” ungkap Dir Binmas Polda Sulbar.

Dir Binmas Polda Sulbar mengungkapkan, target penerima bantuan bedah rumah menerapkan sejumlah kriteria serta seleksi yang ketat. Masing-masing personel Bhabinkamtibmas di setiap Polres mengidentifikasi warganya yang layak menerima bantuan. Identifikasi itu harus merujuk kriteria, seperti rumah yang sudah tak layak huni dan dihuni oleh keluarga yang kurang mampu serta memiliki usia yang tak lagi produktif. 

“Data calon penerima kemudian dikirim ke Tim Khusus yang dibentuk Binmas Polda Sulbar untuk ditindaklanjuti. Mekanismenya bottom up. Setelah diusulkan, langsung kita asesmen. Kita turun ke lapangan melihat layak tidaknya kita beri bantuan. Beberapa sudah selesai, dan ada yang masih berproses," jelas Dir Binmas Polda Sulbar.


Share this post

Sign in to leave a comment