Wakapolda Gorontalo Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara Polri Gelombang I 2023

7 February 2023 - 18:20 WIB
Dok.Polda Gorontalo

Tribratanews.polri.go.id - Gorontalo. Calon Bintara Polri Gelombang 1 Tahun 2023 mulai menjalani pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batudaa, Selasa, (07/02/23). Hal itu ditandai dengan upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang 1 Tahun 2023 yang dipimpin Wakapolda Gorontalo Brigjen. Pol. Drs . Pudji Prasetijanto Hadi, M.H., selaku inspektur upacara. 

“Selamat atas keberhasilan siswa Diktukba Polri yang dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program pembentukan Bintara Polri Gelombang 1 Tahun 2023.

Baca juga : Wakalemdiklat Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara Polwan

Selamat datang di lembaga pendidikan dan pelatihan Polri, tempat para peserta akan di didik, di tempa, dan di latih untuk menjadi insan Tribrata yang profesional, bermoral, serta memiliki mental dan integritas yang baik,” jelas Wakapolda Gorontalo membacakan amanat Kalemdiklat Polri. 

Dalam amanat yang di bacakan Wakapolda Gorontalo menyampaikan, program pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2023 ini akan diselenggarakan dalam dua gelombang, dengan lama pendidikan selama lima bulan. Adapun gelombang satu yang dibuka pada Selasa (7/2/23) ini. Pendidikan diselenggarakan secara serentak di Sepolwan, Pudik Brimob, Pusdik Pol Air, dan Lemdiklat Polri, serta di 31 SPN Polda dengan jumlah peserta didik sebanyak 9.112 orang.

“Terdiri dari Bintara tugas umum 6.270 orang, Bintara Brimob 500 orang, Bintar Pol Air 100 orang, Bintara Polwan 642 orang, Tamtama Brimob 1500 orang dan Tamtama Pol Air 100 orang,” tuturnya.

Wakapolda mengungkapkan, sesuai dengan kebijakan Kapolri dalam transformasi Polri yang PRESISI, pendidikan menjadi aspek penting dalam mempersiapkan SDM Polri yang unggul dan mampu menjawab tantangan di era digital.

“Kemampuan dan kehadiran Polri dilapangan akan menentukan wajah Polri dan tingkat kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan ini harus dirancang dengan mengutamakan kualitas dan memberikan porsi pembelajaran yang lebih besar kepada praktek kerja lapangan dan pembentukan karakter Bhayangkara,” ungkapnya.

Dalam upacara pembukaan Diktukba tersebut Wakapolda Gorontalo juga membacakan pemberian nama Batalyon Siswa Diktukba Polri Gel. 1. T.A. 2023 Angkatan 49 yang diberikan oleh Bapak Kapolda Gorontalo dengan nama “BATALYON ANINDYA SANTIKA”

“Yang artinya : Memiliki sifat terpuji , berwibawa, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, serta selalu dapat mendamaikan di situasi apapun, dimanapun ia berada,” tutupnya.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment