Tangani Karhutla, Kapolda Kalsel Ajak Seluruh Personel Wajib Gunakan Aplikasi Bekantan dan Lancang Kuning

21 July 2020 - 09:46 WIB
Tribratanews.polri.go.id – Banjarmasin. Kapolda Kalsel, Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta Karo-Karo, S.I.K., S.H., M.H., memimpin Apel di lapangan Polda Kalsel, Senin (20/7/2020) pukul 08.00 Wita.

Dalam arahannya, Kapolda Kalsel lebih dulu mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota yang bekerja dengan baik sehingga berbagai kegiatan Polda Kalsel dapat berjalan dengan lancar.

Di depan para persoeilnya, Kapolda Kalsel mengingatkan 3 (Tiga) tantangan tugas yang dihadapi saat ini meliputi penanganan Covid-19, Karhutla dan Pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020.

Kapolda Kalsel pun menyampaikan pesan dari Mendagri RI saat kunjungan kerja di Kalsel tentang Pemilu Serentak tahun 2020 agar Polri khususnya Polda Kalsel menggunakan anggaran untuk pengamanan Pilkada dan mengenai Covid-19 anggota dianjurkan menggunakan masker untuk mengantisipasi penularan virus tersebut dan apabila merasaan kondisi kurang baik agar melaporkan ke pimpinan dan langsung melakukan pemeriksaan ke dokter.

Menurut Kapolda Kalsel penggunaan HT (handy talkie) dalam penanganan virus Corona atau Covid-19 sangat penting bagi seluruh personel untuk pelaporan langsung dan mengimbau kepada seluruh Kasatker dan Kasatwil untuk selalu monitor dan mengecek.

Seluruh personil Polda Kalsel pun juga kembali diingatkan oleh Kapolda Kalsel terkait 5 strategi Penanganan Covid-19 yang meliputi peningkatan PCR, peningkatan kapasitas rumah sakit dan isolasi, pembentukan kampung tangguh, operasi penegakan disiplin protokol kesehatan, dan efesiensi anggaran untuk penanganan Covid-19.

Alumni Akpol 1992 ini pun berharap agar pimpinan daerah dari tingkat Bupati, Walikota dan Gubernur mengeluarkan peraturan daerah mengenai penegakan disiplin pencegahan Covid-19 di wilayah Kalimantan Selatan, yang dalam pelaksanaannya di back up oleh Polda Kalsel.

Di kesempatan ini, Kapolda Kalsel menginstruksikan para personelnya untuk wajib mendownload Aplikasi berantas kebakaran hutan dan lahan (Bekantan) yang yang dimiliki oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel dan Aplikasi Lancang Kuning, dan mengimbau para Kasatker dan Kasatwil untuk mencek dan melaporkan ke pimpinan.

“Hal ini merupakan atensi dari Presiden RI sebagai upaya membantu tugas Polri dalam penanganan Karhutla,” tegas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Selain itu pelaksanaan TWT (Tugas Wewenang dan Tanggung jawab) tetap dijalankan oleh para personel Polda Kalsel namun dengan tetap mengutamakan Komunikasi.

Diakhir arahannya, Kapolda Kalsel mengajak seluruh personel Polda Kalsel untuk bersama-sama berdoa semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kesehatan dan bisa menjalankan tugas dengan baik.

(my/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment