Presiden Jokowi Minta TNI-Polri Bantu Warga Bersihkan Puing Rumah Cianjur

8 December 2022 - 17:11 WIB
Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Tribratanews.polri.go.id – Cianjur. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan arahan kepada Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Suntana, di Posko Gempa Cianjur Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat.

Presiden meminta TNI dan Polri membantu membersihkan puing-puing rumah warga yang rusak akibat gempa bumi Cianjur.

"Saya minta saja TNI, Polri mulai digerakkan untuk membersihkan (kawasan ini, Cugenang). Di lapangan harus mulai menggerakkan masyarakat untuk membantu membersihkan. Jadi nanti seminggu lagi ke sini diharapkan sudah mulai bersih dan sudah mulai ada kegiatan membangun rumah," Jelas Presiden Jokowi seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis 8 Desember 2022.

Baca juga: Gempa 5.8M Guncang Sukabumi, Jawa Barat, Terasa Hingga Jakarta dan Depok

Sebelumnya, Presiden juga mendorong masyarakat agar segera memulai proses rekonstruksi rumahnya yang rusak saat memberikan bantuan stimulan untuk perbaikan rumah warga terdampak gempa Cianjur di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah.

Menurut Presiden Jokowi, warga bisa memulainya dengan membersihkan puing-puing rumahnya dan bisa dibantu TNI-Polri jika dibutuhkan.

Presiden juga menyampaikan pesan kepada warga bahwa pemerintah memberikan bantuan untuk pembangunan rumah warga terdampak gempa.

(jo/hn/um)


Share this post

Sign in to leave a comment