Presiden Jokowi: Alkes yang Canggih Harus Diimbangi dengan Ruang Layanan yang Memadai

24 April 2024 - 18:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kemampuan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan (alkes) super canggih ke berbagai fasilitas layanan kesehatan di daerah, perlu diimbangi dengan penyediaan ruang layanan yang memadai.

"Saya sekarang setiap ke daerah secara sampling saya masuk ke rumah sakit, bukan karena sakit. Masuk ke RSUD, masuk ke rumah sakit milik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, saya ingin pastikan bahwa ada kesiapan dari rumah sakit daerah," ungkap Presiden Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Kepresidenan, Rabu (24/4/24).

Baca Juga: Polda Maluku Gelar Bakti Polri Presisi di Dua Negeri di kabupaten Maluku Tengah

Presiden Jokowi ingin memastikan seluruh fasilitas layanan kesehatan telah menerima pasokan alkes melalui proses pengadaan yang dilakukan Kementerian Kesehatan.

Alkes tersebut berupa alat Ultrasonografi (USG) untuk deteksi dini kelainan pada ibu hamil, mammogram untuk rontgen payudara, CT Scan untuk memantau struktur dalam bagian tubuh, cathlab sebagai ruang untuk tindakan keteterisasi jantung, hingga Elektrokardiografi (EKG) untuk diagnostik fungsi jantung.

"Beberapa yang saya maksud barangnya sudah ada di sana. Tapi saya lihat ruangannya kadang-kadang belum mendukung. Alatnya puluhan miliar, ruangannya payah, ruangannya kurang baguslah gitu. Mestinya ruangannya bagus karena alatnya super bagus, super modern," ujar Presiden Jokowi.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment