Prakiraan Cuaca Hari Ini di Indonesia

9 April 2023 - 12:20 WIB
Ilustrasi Prakiraan Cuaca

Tribratanews.polri.go.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Indonesia timur. Wilayah itu antara lain, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Prakirawan BMKG Hasmororini menjelaskan kondisi cuaca pada Minggu (9/4/23) disebabkan bibit siklon tropis 90W. Selain itu, menyebabkan gelombang laut 2,5 hingga 4 meter.

Gelombang tinggi itu akan terjadi di perairan Maluku Utara, perairan barat dan utara Halmahera dan Samudera Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

"Karena itu masyarakat diminta waspada dengan kondisi cuaca tersebut," jelasnya.

Hasmororini juga menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota di Indonesia. Menurutnya, cuaca di kota Banda Aceh diprakirakan cerah.

Selanjutnya, cuaca berkabut diprakirakan terjadi di kota Pekanbaru. Sedangkan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Medan dan Tanjung Pinang. 

Baca Juga: Informasi Palsu! Indonesia Beserta 26 Negara Lainnya Putuskan Keluar dari FIFA

Kemudian, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Palembang dan Bengkulu. Selain itu, hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di kota Bandar Lampung. Sedangkan, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Padang.

"Perlu diwaspadai hujan disertai kilat/petir di kota Pangkal Pinang dam Jambi," tambahnya dilansir dari rri.co.id.

Beralih ke pulau Jawa, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di kota Jakarta. Sedang hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Denpasar dan Mataram. Sedangkan cuaca di kota Kupang hujan disertai kilat/petir.

Beralih ke pulau Kalimantan, hujan disertai kilat/petir diprakirakan terjadi di kota Banjarmasin dan Tanjung Selor. Sedangkan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Pontianak, Palangkaraya dan Samarinda.

Sementara itu di pulau Sulawesi, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Makassar, Gorontalo dan Kendari. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Mamuju.

Prakirawan BMKG Hasmororini memprakirakan cuaca berawan terjadi di kota Palu dan Manado. Sedangkan di Indonesia timur, cuaca berawan terjadi di kota Ternate.

Kemudian, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Manokwari dan Jayapura. Selain itu, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Ambon. 

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment