Informasi Palsu! Indonesia Beserta 26 Negara Lainnya Putuskan Keluar dari FIFA

9 April 2023 - 06:41 WIB
Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar sebuah video di Facebook dengan klaim, Indonesia dan 26 negara lainnya memutuskan untuk keluar dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Dalam unggahan video juga dijelaskan, negara-negara tersebut akan bergabung dengan Konfederasi Asosiasi Sepak Bola Independen (CONIFA).

Baca Juga: Informasi Palsu! Penyumbatan Pembuluh Darah pada Jantung dan Otak Setelah Dua Kali Vaksin Covid-19

Faktanya, dilansir dari kompas.com, Jumat (7/4/23), terdapat beberapa informasi keliru yang dijelaskan oleh sang narator. Salah satunya, ancaman pembekuan dari FIFA oleh Nabil El-Arabi yang disebutkan sebagai Presiden Liga Arab saat ini. Nyatanya, Nabil El-Arabi tidaklah menjabat sebagai Presiden Liga Arab saat ini. Selain itu, disebutkan pula, Indonesia tergabung menjadi anggota CONIFA

Padahal, faktanya Indonesia tidak bergabung dalam CONIFA dan tercatat masih menjadi anggota FIFA. Sampai saat ini, belum ada pemberitaan resmi terkait Indonesia dan 26 negara lainnya memutuskan untuk keluar dari FIFA. Maka, dapat dipastikan video yang beredar di Facebook tersebut adalah informasi palsu/hoaks.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment