Polri Instruksikan Seluruh Jajaran Sigap Bantu Masyarakat Antisipasi Banjir dan Bencana Alam

19 October 2022 - 13:33 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polri menginstruksikan kepada seluruh jajarannya mengantisipasi dampak bencana banjir dan bencana alam lainnya dengan melakukan koordinasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi setempat.

Instruksi tersebut tertuang dalam surat telegram No: STR/760/X/OPS.2./2022 tanggal 12 Oktober 2022 yang ditandatangani oleh Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, Selasa (18/10/22).

Dalam isi surat tersebut juga para personil Polri di seluruh daerah untuk melakukan mitigasi dampak serta akibat bencana terhadap harta benda maupun fasilitas umum.

Selain itu, pengecekan kesiapsiagaan personel, dan perlengkapan penanggulangan bencana secara terpadu dengan Instansi terkait, agar sewaktu-waktu siap, dan mudah digerakan serta mendirikan posko penanganan banjir di Polres, Polsek yang wilayahnya rawan terjadi bencana banjir.

Baca juga : Siap Tanggulangi Bencana Alam, Kapolda NTB : Ini Merupakan Pengabdian Kita Kepada Masyarakat

Pada wilayah rawan bencana, personel diminta sinergi dengan seluruh stakeholder untuk mendirikan posko penanganan secara terpadu, pengungsian yang memadai, dan dapur umum.

Isi arahan berikutnya yakni para Kapolres dan Kapolsek juga diinstruksikan untuk turun langsung ke lapangan dalam rangka mengendalikan arus lalu lintas, mengatur, dan menangani kemacetan lalu lintas akibat banjir serta menempatkan personel Polri di lokasi-lokasi ruas jalan yang tergenang banjir.

(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment