Polisi : Arus Balik Nataru 2024 Naik 100 Persen Dibanding Tahun Lalu

2 January 2024 - 11:00 WIB
sindonews.com

Tribratanews.polri.go.id - Karawang. Dirlantas Polda Jawa Barat menginformasikan bahwa Puncak arus balik kedua libur Nataru 2024 meningkat hampir mencapai 100 persen, polisi melakukan one way hingga contraflow arah Jakarta.

Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes. Pol. Wibowo, S.I.K., M.Hum mengatakan, situasi arus lalu lintas di Jawa Barat mengalami peningkatan.

"Sesuai dengan prediksi bahwa hari ini adalah puncak arus balik kedua, selama pelaksanaan libur Natal tahun 2023, dan Tahun Baru 2024, berdasarkan hasil pantauan kita di lapangan, dan counting CCTV Tol Cipali, beberapa jam ini mengalami peningkatan arus lalu lintas kendaraan dari arah timur atau Jawa, menuju arah Jakarta," jelas Kombes. Pol. Wibowo, Senin (1/1/24).

Kombes. Pol. Wibowo mengungkapkan bahwa peningkatan berdasarkan jumlah kendaraan yang melintas naik bertahap dihitung per jam.

Baca Juga: Kapolda Pabar: Kasus KDRT Selama 2023 Meningkat 95 Persen, Tanda Korban Kekerasan Berani untuk Melapor

"Kendaraan yang melintas di Tol Cipali, naik dari 2.900 sampai 3.100 kendaraan per jam, ini menandakan bahwa visi rasio kendaraan yang ada di Tol Cipali, sudah melebihi 0,8 persen dari kapasitas maksimal sebanyak 2.700 kendaraan perjam," ungkap Kombes. Pol. Wibowo, Senin (1/1/24).

Dirlantas Polda Jawa Barat menambahkan bahwa untuk itu mulai dari kilometer 72 sampai dengan kilometer 36 tol Jakarta-Cikampek, petugas kepolisian juga melakukan rekayasa contraflow dua lajur arah Jakarta.

"Kendaraan yang nantinya akan masuk ke jalur contraflow, bisa menggunakan entrance di jalur A yang kita fungsionalkan, sehingga tidak perlu kembali ke jalur semula, mulai dari kilometer 72 sampai dengan kilometer 36 tol Jakarta-Cikampek, petugas kepolisian juga melakukan rekayasa contraflow dua lajur arah Jakarta." jelas Dirlantas Polda Jawa Barat.

Kombes. Pol. Wibowo juga mengungkapkan bahwa arus kendaraan meningkat mencapai 100 persen dibanding arus balik libur Nataru tahun sebelumnya pada periode yang sama, atau dibandingkan dengan lalu lintas normal.

"Untuk peningkatan ini mencapai 100 persen dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama, dan arus lalu lintas hari biasa," tutup Kombes. Pol. Wibowo, Senin (1/1/24).

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment