Polda Sumbar Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

6 October 2023 - 17:00 WIB
Dok. Polda Sumbar

Tribratanews.polri.go.id - Padang. Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat menggelar rapat koordinasi lintas sektoral persiapan pelaksanaan Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2024. Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Karo Ops Polda Sumbar Kombes Pol. Djadjuli, S.I.K., mewakili  Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Suharyono, S.I.K., S.H., dan dihadiri oleh perwakilan dari instansi pemerintah dan lembaga penyelenggara pemilu di Provinsi Sumatera Barat, Jumat (6/10/23).

Baca Juga : Matangkan Persiapan KTT AIS 2023, Polri Gelar "Tactical Floor Game"


"Polri menyadari bahwa menciptakan rasa aman, tertib, nyaman dan terwujudnya pemilu yang sukses bukanlah tugas yang dapat dilakukan sendiri, melainkan tanggung jawab bersama," ujar Kapolda Sumbar.

Berdasarkan data yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat 4.086.606 pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya di 17.569 TPS yang tersebar pada 1.265 Nagari, Desa dan Kelurahan di 179 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten/Kota di Sumatra Barat. Berdasarkan pemetaan yang sudah dilakukan oleh Polres jajaran, terdapat 21 TPS yang dikategorikan sangat rawan, 424 TPS kategori rawan, dan sisanya 17.117 TPS kurang rawan.

Beberapa penekanan yang perlu dipedomani dalam pelaksanaan tugas pengamanan, antara lain:

• Selalu berdoa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa diberikan kekuatan dan kemudahan dalam bertugas.
• Senantiasa melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait baik pemda, tomas, toga, todat, serta segenap elemen masyarakat untuk mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas.
• Jadikan kegiatan ini sebagai sarana komunikasi interaktif yang efektif dan efisien dalam menyampaikan berbagai kebijakan pimpinan secara cepat dan tepat mulai dari top level management, middle level management, dan sampai kepada low level management. Sehingga memiliki kesamaan persepsi antara para pemangku kepentingan dalam upaya pencapaian tujuan pengamanan dan kesuksesan pemilu 2024 yang berkualitas dan demokrasi di wilayah Sumatra Barat.
• Lakukan pengawasan terhadap segala bentuk black campaign dan money politic.
• Perkuat soliditas dan sinergitas TNI dan Polri guna mewujudkan pemilu yang aman, lancar, dan damai.
 
Kapolda Sumbar juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama Pemilu 2024.

"Mari kita bersama-sama menjaga suasana yang aman dan kondusif selama Pemilu 2024, sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujar Kapolda Sumbar.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment