Polda Sumbar Akan Panggil BKSDA Terkait Erupsi Gunung Marapi

6 December 2023 - 19:14 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.polri.go.id - Sumbar. Polda Sumatra Barat (Sumbar) menjadwalkan memanggil pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat terkait aktivitas pendakian Gunung Marapi yang mengalami erupsi sejak Minggu (3/12/23).

"Setelah upaya pencarian dan evakuasi selesai baru akan dipanggil (pihak BKSDA) untuk dimintai keterangan," jelas Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes. Pol. Dwi Sulistyono dikutip dari Antara, Rabu (6/12/23).

Baca Juga: Kakorpolairud Baharkam Hadiri Upacara Hari Armada RI

Ia mengatakan, pihak BKSDA akan dimintai keterangan terkait aktivitas pendakian yang pada akhirnya menelan korban jiwa saat Marapi mengalami erupsi tersebut. Sebab, BKSDA merupakan instansi yang bertanggung jawab terhadap aktivitas pendakian di Taman Wisata Alam (TWA) Marapi.

"Jadi nanti akan kami mintai keterangan terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) dan aturan terhadap aktivitas pendakian Marapi, untuk keadaan normal bagaimana untuk status waspada bagaimana," jelasnya.

Dengan adanya kejadian bencana hingga kemudian menimbulkan korban jiwa, ujar Kabid Humas, instansi yang bertanggung jawab perlu dimintai keterangan.

ay/pr/nm

Share this post

Sign in to leave a comment