Polda Maluku Gelar Rakor Persiapan Pengamanan Idul Fitri 2022

21 April 2022 - 19:44 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Ambon. Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral bersama Pemerintah Daerah, TNI dan Instansi terkait lainnya mengenai persiapan pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Tahun 2022.

Rakor yang dihadiri Wakil Gubernur Maluku, Kasdam XVI/Pattimura, Wakapolda Maluku, Danlantamal IX/Ambon, Danlanud Pattimura, Kepala Basarnas Ambon, Kakanwil Kemenag Maluku dan stakeholder lainnya ini berlangsung di Mapolda Maluku, Rabu (20/4/22).

"Rakor ini sebagai sarana untuk menganalisa dan mengevaluasi apa yang telah dilakukan tahun lalu dan persiapan menghadapi Idul Fitri tahun ini dengan perkembangan dinamika yang baru dan pandemi Covid-19," ujar Kapolda Maluku.

Beliau menekankan dalam pelaksanaan pengamanan di lapangan, setiap personel agar tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19. Mengingat hingga saat ini pandemi belum berakhir.

"Lakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat agar taat prokes," ujar Mantan Kapolda NTT ini.

Setiap Instansi, jelas Kapolda Maluku, juga diharapkan untuk senantiasa meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan Pengamanan Operasi Ketupat yang masih di masa pandemi Covid-19 ini.

"Laksanakan maping rawan macet, rawan laka darat/laut, rawan konflik dan rawan curat, curas dan curanmor," tegas Jenderal Bintang Dua ini.

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, para instansi terkait juga dimintai untuk melakukan testing, tracing, dan treatment (3T).

"Juga diharapkan melakukan percepatan vaksinasi dosis 1, 2, dan booster selama pelaksanaan Operasi Ketupat Salawaku 2022," ujar Kapolda Maluku.

Beliau juga berharap agar pelayanan terbaik dapat diberikan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan mudik dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

"Kapolres jajaran agar berkoordinasi dengan dinas terkait tentang fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit. Lakukan pengecekan pada distributor sehingga dapat memonitor persediaan di kabupaten/kota," pinta Kapolda Maluku.

Sementara itu, Kasdam XVI/Pattimura mengaku pihaknya siap mendukung pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2022 dalam meciptakan rasa aman dan nyaman.

Senada dengan Kasdam Pattimura, Danlantamal IX/Ambon mengaku pihaknya juga melakukan sidak terhadap manifest kapal sehingga tidak terjadi kerawanan di laut.

"Menindak pelanggaran-pelanggaran di laut secepatnya dengan dukungan informasi dari instansi terkait dan masyarakat," ujar Danlantamal IX/Ambon.

Danrem 151/Binaiya juga mengaku mendukung pengamanan Idul Fitri dengan mengerahkan Kodim, Koramil dan Babinsa yang ada.

"Kami siap mengerahkan bantuan dan dukungan jika terdapat laporan gangguan kamtibmas," jelas Danrem 151/Binaiya.

Untuk diketahui, Rakor lintas sektoral dalam rangka menghadapi pengamanan Idul Fitri 2022, sejumlah pihak sebelumnya memberikan paparannya diantaranya Karo Ops Polda Maluku, Kadis Perhubungan Maluku, Kadis Perindag Maluku, Sales Area Manager Retail Maluku PT Pertamina, Kepala PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Kakanwil Kemenag Maluku dan Kepala BPBD Maluku.

Share this post

Sign in to leave a comment