Polda Jateng Bersama JPS Bahas Pemilu Lancar hingga Patroli Siber Lawan Hoaks

30 November 2023 - 10:00 WIB
Foto: kabarsumbar

Tribratanews.polri.go.id - Semarang. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes. Pol. Satake Bayu Setianto, S.I.K, M.Si, menerima kunjungan anggota Jaringan Pemred Sumbar (JPS) yang tergabung dalam Jurnalis Kawal Demokrasi. Dalam sambutannya, Kabid Humas menegaskan bahwa tahapan Pemilu 2024 di Jawa Tengah berjalan lancar dan kondusif. Ia juga mengapresiasi kelancaran roda pemerintahan sesuai tugas pokok, fungsi, dan aturan yang berlaku.

"Saat ini, kampanye peserta pemilu sedang berlangsung, dan kami berharap suasana kondusif ini tetap berlanjut hingga selesainya semua tahapan pemilu," jelas Kabid Humas Polda Jateng, Rabu (29/11/23).

Baca Juga: Periode Januari-November 2023, KPAI Terima 37 Aduan Anak Akhiri Hidup

Kabid Humas mengungkapkan bahwa Polda Jateng bersama Polres jajaran aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Mereka secara rutin membagikan sembako dan menyelenggarakan pengobatan gratis, bekerjasama dengan Bidang Kesehatan Polda Jateng dan stakeholder terkait.

“Kami melakukan berbagai kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat kurang mampu. Selain itu, jajaran Polda Jateng juga terlibat dalam berbagai bakti sosial secara rutin,” jelasnya lebih lanjut.

Berkaitan dengan keamanan Pemilu 2024, Polda Jateng membentuk Patroli Siber untuk memantau hoaks dan ujaran kebencian di media sosial, bekerjasama dengan Diskrimsus.

"Patroli Siber mengajak berbagai stakeholder, termasuk media, untuk bersama-sama mengawal informasi di media sosial. Jika terdapat ujaran kebencian atau hoaks, kami lakukan teguran dan pembinaan pada tahap awal. Jika tidak diindahkan, tindakan hukum akan dilakukan," tambahnya.

Dalam upaya sosialisasi Pemilu, Polda Jateng mengajak tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan meningkatkan partisipasi pemilih.

“Suksesnya Pemilu salah satunya ditentukan oleh partisipasi pemilih. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk ramai-ramai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tutupnya.

(my/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment