Peringatan HUT ke-79 TNI, Kapolda NTT Hadiri Upacara di Mako Lantamal VII Kupang

6 October 2024 - 09:42 WIB
Polda NTT

Tribratanews.polri.go.id - Kupang. Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berlangsung di Markas Komando Lantamal VII Kupang. Sabtu (5/10/24).

Upacara ini dipimpin oleh Komandan Lantamal VII, Laksamana Pertama (Laksma) TNI I Putu Darjatna, M.Tr.Opsla, dengan Letkol CZI Yudha Pramana, S.Kom sebagai Komandan Upacara.

Hadir dalam upacara tersebut, Penjabat Gubernur NTT Dr. Andriko Noto Susanto, S.P., M.P., Ketua Sementara DPRD NTT Ir. Emelia Julia Nomleni, Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, S.E., M.M., Danlanud El Tari Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E., M.M., serta sejumlah pejabat TNI-Polri dan tamu undangan lainnya.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto yang dibacakan oleh Danlantamal VII Kupang, disampaikan bahwa tema peringatan HUT TNI ke-79 tahun ini adalah "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju".

Panglima menekankan bahwa tema ini menggambarkan semangat TNI untuk tetap profesional, modern, responsif, dan integratif dalam menjaga keutuhan NKRI serta mendukung percepatan pembangunan nasional.

Panglima TNI juga memberikan sejumlah arahan, termasuk pentingnya meningkatkan soliditas antara TNI dan rakyat, menjaga kewaspadaan dan profesionalitas dalam menghadapi tantangan, serta berkoordinasi dengan pemerintah dan instansi terkait untuk memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak yang aman dan tertib.

Setelah upacara, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penampilan seni bela diri gabungan tiga matra TNI, defile pasukan, dan pameran Alutsista.

Selain itu, dilakukan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada prajurit berprestasi dari tiga matra TNI.

Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Silitonga menyerahkan potongan tumpeng kepada prajurit berprestasi dari TNI AU, sementara Pj. Gubernur NTT dan Danrem 161/Wira Sakti memberikan penghargaan kepada prajurit TNI AL dan TNI AD.

Acara ditutup dengan panggung hiburan yang menambah semarak peringatan HUT ke-79 TNI di Kupang.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment