Pengaturan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran Diapresiasi Masyarakat

14 May 2023 - 15:49 WIB
Foto: Dok. Youtube Indikator Politika

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Survei Indikator Politika memaparkan bahwa masyarakat mengapresiasi pengaturan arus lalu lintas selama mudik Lebaran 2023. Kelancaran arus mudik dan balik dipandang terwujud karena penerapan one way dan contra flow.

"Dari semua responden setuju kebijakan one way dan contra flow pada arus mudik dan balik yakni sebesar 74,3 persen. Sementara untuk kelompok warga yang mudik sebesar 82,2 persen masyarakat setuju," ujar Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, Minggu (14/7/23).

Ia menuturkan, target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia (WNI) yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 83 persen dari total populasi nasional. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Baca Juga:  Polisi Bekerja Sama dengan Tokoh Adat Okbab dalam rangka Upaya Pembebasan 4 Sandera Pekerja Tower BTS

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 1.218 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi dan screening. Margin of Error survei diperkirakan lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Asumsi simple random sampling.

(ay/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment