Pasca Longsor, Menteri PUPR Upayakan Perbaikan Temporer Tol Bocimi

6 April 2024 - 12:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Sukabumi. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., saat meninjau Tol Bocimi, memastikan akan mengupayakan perbaikan temporer Tol Bocimi pasca Longsor di Badan Jalan km 64.

Menteri PUPR, mengatakan, penanganan sementara telah mulai dilakukan dengan pemasangan tiang pancang memperkuat bagian timbunan jembatan yang longsor.

"Untuk penanganan sementara dalam tiga hari ini akan dipasang sheet pile dan ditutup terpal agar terlindungi dari hujan," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Jumat (05/04/24).

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, Patuhi Gage Pada Ruas Tol Jakarta Cikampek

Selanjutnya, ia mengatakan nanti pada hari Senin (8/5/2024) akan monitor kembali dan tes beban, kami akan upayakan jalur B tetap dapat digunakan satu arah.  Jalur ini hanya untuk kelancaran mudik Lebaran 2024.

Dalam keterangannya, ia menyebutkan untuk penggunaan jalur B searah diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan arus kendaraan dari Jakarta - Ciawi - Cigombong  ke Parungkuda/Cibadak.

"Nanti teknis pelaksanaannya  dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian, begitu juga untuk arus balik akan dibuka lanjur  ke arah Jakarta." jelasnya.

Ia mengungkapkan sampai saat ini masih bebaskan tarif tolnya dari Cigombong ke Parungkuda/Cibadak dan sebaliknya untuk penanganan permanen, dilakukan setelah Mudik. Penanganan permanen akan diupayakan selesai dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan.

Untuk memastikan keamanan pada tol Bocimi, Menteri Basuki mengatakan pihaknya melalui Ditjen Bina Marga akan melakukan pengecekan menyeluruh. Terutama  pada titik-titik rawan longsor pada ruas Tol Bocimi.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment