Mudik Naik Pesawat, Berikut Tipsnya agar Aman

19 April 2023 - 06:45 WIB
Foto: Kompas

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Mudik tidak hanya menggunakan jalan darat, tapi juga bisa menggunakan pesawat terbang. Berikut tips agar mudik Lebaran aman dan lancar naik pesawat dilansir dari rri.co.id, Selasa (18/4/23):

1. Fasilitas check-in mandiri
Luangkan waktu lebih banyak sekitar dua sampai tiga jam sebelum waktu penerbangan untuk mengantisipasi antrean penumpang. Jika hanya membawa bagasi kabin, manfaatkan fitur check-in mandiri di aplikasi atau mesin anjungan check-in di bandara.

Baca Juga:  Selama Mudik 2023, Polri Dirikan 2.787 Pos, Tersebar di 5 Wilayah Utama

2. Bawa barang secukupnya
Setiap maskapai menerapkan batas kapasitas bagasi. Supaya tidak mengeluarkan biaya ekstra akibat kelebihan bagasi, maksimalkan ruang pada tas atau koper. Penumpang juga dapat mempertimbangkan menyimpan pakaian dalam plastik vakum. Hal itu untuk menghemat ruang pada koper.

3. Optimalkan poin loyalitas
Dengan memanfaatkan poin loyalitas, harga tiket pesawat jadi lebih hemat. Beberapa maskapai menyediakan fitur untuk mengumpulkan dan menukar poin di dalam aplikasi. Poin yang terkumpul dari transaksi sebelumnya dapat digunakan untuk memesan tiket penerbangan. Selanjutnya, reservasi hotel, sampai pembelian produk di toko online. 

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment