Menteri PUPR Meminta Mahasiswa Aplikasikan Ilmu Pengetahuan untuk Rakyat

29 June 2024 - 15:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Yogyakarta. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dr. Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., meminta mahasiswa mengaplikasikan ilmu pengetahuan untuk kepentingan rakyat. Hal itu disampaikannya saat pidato dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran, Pembedayaan, Masyarakat (PPM) kepada mahasiswa UGM.

Kegiatan KKN-PPM diikuti tujuh ribuan mahasiswa UGM dari 19 fakultas, yang diterjunkan ke desa-desa di seluruh Indonesia.

"Saudara sekalian harus sadar bahwa saudara adalah pemimpin bangsa pada Indonesia Emas 2045 nanti," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Jumat (28/06/24).

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3,4 Guncang Wilayah Maluku Tengah

Dalam kesempatannya ia menekankan bahwa KKN merupakan simbol kedekatan mahasiswa dengan masyarakat. "Jadi tolong jaga nama baik Universitas Gadjah Mada, ilmu pengetahuan diaplikasikan untuk rakyat," ujarnya.

Menteri PUPR berpesan sebagai calon pemimpin, mahasiswa harus memiliki karakter yang kuat, berani, dan berjiwa seni.

"Kita kuat kalau kita kompeten, kita berani kalau kita berintegritas, berjiwa seni karena kita membutuhkan inovasi dan improvisasi. Tidak mudah menyerah menghadapi tantangan," jelasnya.

Sementara itu, Rektor UGM Prof Ova Emilia, mengatakan, KKN-PPM UGM dilaksakan dari tanggal 1 Juli hingga 19 Agustus 2024, untuk Angkatan II Tahun 2024.

Pembekalan juga berhasil memecahkan rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Rekor yang dipecahkan adalah kegiatan minum susu terbanyak yang diikuti 11.150 orang.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment