Mendag Punya 3 Program Utama untuk Antar Indonesia Jadi Negara Maju

22 October 2024 - 09:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menyampaikan Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki tiga program utama untuk mengantarkan Indonesia menuju negara maju 2024.

"Adapun tiga program utama yaitu pengamanan pasar dalam negeri, perluasan pasar ekspor dan peningkatan UMKM bisa ekspor. Bisa ekspor itu artinya berani inovasi dan siap adaptasi," ujar Mendag, Senin (21/10/24).

Ia mengatakan, rasio kewirausahaan di Indonesia masih terbilang kecil, yakni sekitar 3,47 persen. Sedangkan di negara maju harus sudah mencapai 10-12 persen.

Untuk itu, Kemendag ingin mengejar jumlah wirausaha dengan mendorong UMKM bisa ekspor. Kemendag pun menyatakan sudah memiliki berbagai instrumen untuk mendukung program tersebut.

"Nanti kita bikin program-program, karena instrumen untuk tiga program tadi itu, sebenarnya ada semua, dari kebijakannya, semua inline dengan program itu," ujar Mendag.

Budi Santoso telah resmi dilantik menjadi Menteri Perdagangan dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 oleh Presiden RI Prabowo Subianto di Istana Presiden, Jakarta, Senin (21/10/24). Ia menggantikan Zulkifli Hasan sebagai Mendag sebelumnya.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment