Manfaatkan Lahan Tidur, Kapolda Sumut Gagas Perkebunan Cabai dan Bawang

14 October 2022 - 16:36 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Kapolda Sumut Irjen. Pol. Panca Putra menggagas pemanfaatan lahan tidur seluas 2 hektare untuk perkebunan cabai dan bawang merah. Hal itu untuk menciptakan kestabilan harga pangan, khususnya cabai dan bawang merah. Kapolda juga meminta 24 Polres di jajaran Polda Sumut, melakukan hal yang sama. Sehingga program ini dapat menyerap banyak tenaga kerja (padat karya)

Baca juga: Kapolda Sumut Tinjau Lokasi Gempa di Tapanuli Utara

“Banyak lahan tidur di Sumatera Utara (Sumut) yang tidak dimanfaatkan, maka saya berkoordinasi dengan gubernur untuk memanfaatkan lahan tersebut. Hal itu untuk ketahanan pangan menghadapi kemungkinan resesi ekonomi,” ungkap Kapolda, Rabu (12/10/22).

Kapolda menjelaskan, dalam program ketahanan pangan ini, pihaknya sengaja menggandeng petani lokal menjadi mitra. Karena selama ini kendala yang dialami petani soal modal dan penjualan. Untuk itu, dengan program ini pihaknya mengajak untuk bermitra.

“Mereka yang mengelola perkebunan ini dan setelah panen dan dijual hasilnya dibagi 2. Sehingga para petani tak lagi dipermainkan para tengkulak. Makanya, kami bekerja sama dengan Pemda setempat. Jadi, tak ada lagi spekulasi harga pangan. Daerah yang kekurangan bahan pokok, bisa disupport daerah lain,” jelas Kapolda.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment