Kapolri Sebut Polwan Masih Hadapi Banyak Tantangan

3 October 2024 - 20:16 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyatakan banyak tantangan yang masih dihadapi polisi wanita. Salah satunya adalah stigma yang acap kali dilekatkan.

"Masih adanya diskriminasi dari kelompok laki-laki, sehingga di dalam penugasannya selalu muncul dikotomi ini tugas polisi laki-laki, ini tugas polisi perempuan. Jadi ini secara global," ujar Kapolri dalam peringatan Hari Jadi ke-76 Polisi Wanita Republik Indonesia, Kamis (3/10/24).

Selain itu, menurut Kapolri, polisi wanita masih menghadapi keterbatasan dalam berkarir. Tidak jarang polisi wanita dinilai lebih cocok di ranah pekerjaan yang bersifat administratif. 

Baca Juga: Wakapolda Metro Jaya Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pegawai

"Kemudian standar ganda dan seksisme. Polisi wanita selalu berhadapan dengan situasi yang memang sulit karena di satu sisi harus mampu melaksanakan tugas, di sisi lain tidak boleh lupa bahwa rekan-rekan adalah orang ibu rumah tangga yang memiliki kewajiban," ujar Kapolri.

Kapolri pun meyakini para polwan Indonesia mampu menghadapi sejumlah tantangan tersebut.

Ke depan, Kapolri bakal terus meningkatkan jumlah polwan. Saat ini, persentase anggota wanita sebesar 5,6 persen dari total seluruh anggota Polri.

"Keterlibatan wanita berpengaruh signifikan terhadap performa perusahaan," tegas Kapolri.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment