Kapolri: Jajaran Reserse Polri Harus Siap Hadapi Segala Dinamika Saat Kawal Kebijakan Pemerintah

16 March 2023 - 11:32 WIB
Divisi Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Bandung - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan sejumlah pengarahan kepada seluruh jajaran Bareskrim Polri dalam kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) di Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023).

Pengarahan yang diberikan oleh Jenderal Listyo Sigit itu merupakan tindak lanjut intruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Rapim TNI-Polri beberapa waktu lalu. Mulai dari mengawal seluruh program kebijakan pemerintah, mengamankan agenda nasional maupun internasional, hingga proses penegakan hukum. 

Baca juga : Tanam Perilaku Anti Korupsi, Kemenag Inisiasi Program ToT Kusemai Nilai

"Rakernis ini merupakan kelanjutan dari Rapim TNI-Polri untuk menindaklanjuti arahan Bapak Presiden dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis di 2023. Kami, jajaran dari institusi Polri, harus betul-betul bisa mengawal apa yang menjadi kebijakan presiden," ujar Jenderal Listyo Sigit.

Salah satu arahannya adalah jajaran reserse harus memiliki kesiapan untuk menghadapi situasi dan dinamika, baik di dalam maupun luar negeri. Sebab, situasi dan kondisi yang sedang tak menentu.

Dari situasi ketidakpastian itu, pemerintah memang telah mengeluarkan berbagai macam program kebijakan. Seperti menjamin ketersediaan serta menjaga harga bahan pokok penting, penggunaan keuangan negara sebagai Shock Absorber, penguatan investasi dan hilirisasi, dan menjaga pasar domestik. 

"Di sisi lain, kami juga harus mengawal berbagai macam kebijakan mulai dari kegiatan event internasional yang tentunya ini ada risiko-risiko. Salah satu yang paling dekat adalah kejuaraan Piala Dunia U-20 dan ASEAN Summit dilaksanakan di Labuan Bajo. Tentu ini memerlukan pengamanan ekstra," jelas Jenderal Listyo Sigit.

Sementara untuk agenda nasional, jajaran Bareskrim Polri harus bisa mempertahankan ketersediaan serta mengendalikan harga pangan melalui Satgas Pangan. Khusunya, jelang Ramadan dan Lebaran ini. Masyarakat kerap resah akan melonjaknya harga bahan pokok. 

Terakhir, Jenderal Listyo Sigit juga mengingatkan ihwal kesiapan mengamankan seluruh rangkaian proses tahapan Pemilu 2024.

(ndt/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment