Kapolda Metro Jaya: Sebuah Organisasi Harus Adaptif Terhadap Perubahan

19 January 2023 - 11:20 WIB
antaranews.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sebuah organisasi harus adaptif dan memiliki kemampuan untuk merespons segala perubahan yang terjadi di tengah masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., saat memberikan kuliah umum dengan tema “Membangun Jaringan Komunikasi untuk Kepemimpinan Kolaboratif" di kampus A Uhamka di Jakarta, Rabu (18/1/23).

Baca juga : Kejagung RI : Hal Utama dalam Restorative Justice adalah Perdamaian 2 Pihak

"Pada saat ini perubahan terjadi begitu cepat pada sejumlah aspek. Sehingga situasi saat ini perlu menjadi tantangan bagi semua pihak untuk mampu bersikap adaptif dan merespons semua perubahan yang terjadi. Hal ini harus disadari bersama agar semua pihak dapat lebih waspada menghadapi situasi ke depan," jelas Kapolda. 

Irjen. Pol. Fadil Imran mengatakan, semua organisasi yang menjadi bagian dari masyarakat, baik organisasi bidang layanan jasa, pelayanan publik maupun penegakan hukum harus mampu beradaptasi dengan lingkungan, termasuk Kepolisian.

“Keberlangsungan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh bagaimana merespons perubahan yang menjadi keniscayaan untuk dilalui. Oleh karena itu, seorang pemimpin, ketika memimpin suatu organisasi harus dapat menguasai situasi eksternal dan internal. Selain itu, keberlangsungan suatu organisasi dipengaruhi oleh bagaimana merespons sebuah perubahan," jelasnya dilansir dari laman antaranews.

Jenderal Bintang Dua tersebut menambahkan dengan mempelajari gaya kepemimpinan sebelumnya, seorang pemimpin akan mampu melakukan modifikasi dan menyesuaikan dengan tuntutan lingkungan serta dapat mengatasi berbagai kendala yang dialami oleh organisasi saat ini.

"Ada beberapa unsur kepemimpinan yang harus dimiliki, di antaranya memodelkan perilaku anggota organisasi yang diharapkan, pemimpin harus menginspirasi, menciptakan peluang, mampu berkolaborasi, menciptakan kepercayaan, dan keberlanjutan," tutup Kapolda.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment