Kapolda Lampung Bersama Gubernur Tinjau Langsung Pelaksanaan Pilkakam Serentak di Lampung Tengah

25 August 2022 - 13:49 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Lampung Tengah. Pastikan situasi aman dan kondusif, Kapolda Lampung, Irjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., bersama Gubernur Ir. H. Arinal Djunaidi meninjau langsung pelaksanaan Pilkakam serentak di Kab. Lampung Tengah (Lamteng), Rabu (24/8/22).

Kapolres Lampung Tengah, AKBP. Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si., dan Bupati H. Musa Ahmad, S.Sos serta Forkopimda Kab. Lampung Tengah juga turut mendampingi kegiatan Kapolda Lampung, Gubernur beserta rombongan di Balai Kampung Wates Kec. Bumi Ratu Nuban Kab. Lamteng.

Bupati Lamteng, Hi. Musa Ahmad, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung, Kapolda Lampung beserta Jajarannya di Kp. Wates dalam acara teleconfreen pengawasan dan pemantauan Pilkakam serentak Kab. Lampung Tengah tahun 2022 secara Virtual.

Bupati menjelaskan, Pilkakam serentak dilaksanakan oleh 82 kampung yang tersebar di 27 Kecamatan. Dengan rincian, sebanyak 77 kampung dilaksanakan secara manual, dan 5 kampung menggunakan e-Voting.

Dijelaskanya, 5 kampung yang melaksanakan Pilkakam secara e-Voting yakni, Kampung Wates Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kampung Kalisari Kecamatan Kalirejo, Kampung Gunung Agung Kecamatan Anak Tuha, Kampung Pujo Basuki Kecamatan Trimurjo serta Kampung Restu Buana Kecamatan Rumbia.

“Jumlah calon kepala kampung (Cakakam), sebanyak 275 orang terdiri dari, 248 Cakakam laki-laki, dan 27 Cakakam perempuan. Semuanya berjalan lancar, aman dan kondusif,” kata Musa.

Sementara itu, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menyatakan, persiapan Pilkakam harus berpedoman pada protokol kesehatan (Prokes).

“Pelaksanaan Pilkakam atau Pilkades, harus memperhatikan kondisi wilayah sesuai rekomendasi,” ujarnya.

Gubernur Lampung juga mengingatkan, agar memperkuat koordinasi antara Forkopimda, dan Forkopimcam untuk mempersiapkan seluruh tahapan Pilkakam dengan penerapan Prokes.

Penangung jawab taktis pengamanan berada diwilayah Kapolres masing - masing yang melaksanakan Pilkakam dan Inventarisir terkait pola pengamanannya.

“Peran TNI dalam Pam Pilkades, adalah tugas bantuan kepada Pemda dan Polri dalam konteks Kamtibmas dan bantuan distribusi logistik Pilkades bila diperlukan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Pilkakam serentak 5 kampung yang menggunakan e-Voting dipantau secara langsung oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri melalui virtual zoom meeting.

Pemantauan Pilkakam serentak itu juga dilakukan Camat di lima Kecamatan yang secara langsung melaporkan kegiatan di TPS masing-masing kampung.

Seluruh kegiatan berjalan aman dan kondusif dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes).


Share this post

Sign in to leave a comment