Kapolda Kalsel Hadiri Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19

19 July 2020 - 07:46 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Banjarmasin. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., menghadiri rapat koordinasi terkait kesiapan menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Jenderal Pol. (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. di di Gedung Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin, Sabtu (18/07/2020).

Dalam kunjungan kerjanya ke Kalsel, Mendagri RI didampingi Dirjen Otonomi Daerah Drs. Akmal Malik, M.Si., Dirjen Dukcapil Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrulloh, S.H., M.H., Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Dr. Drs. Bahtiar, M.Si., Plt. Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Dr. Safrizal ZA, M.Si., dan Plt. Dirjen Bina Keuangan Daerah, Dr. Mochammad Ardian N.


Tampak hadir dalam kegiatan rakor tersebut Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, DR(HC). H.Supian HK, S.H., M.H., Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., Kajati Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsudin Noor, Forkopimda Kalsel, KPU Provinsi Kalsel, Bawaslu Kalsel, Walikota / Bupati se – Kalsel, Kasatwil Jajaran Polda Kalsel beserta Dandim Jajaran Korem 101/Antasari.

Dalam sambutannya, Mendagri RI mengatakan bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengecek secara langsung sejauh mana masalah anggaran Pilkada tahun 2020 dan permasalahan apa saja yang terjadi di Provinsi Kalsel sembari menyampaikan tiga hal penting pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2020. Ketiga hal tersebut yaitu Pemungutan suara serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2020 sesuai dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2020 yang ditetapkan menjadi Undang - undang pada Paripurna DPR RI tanggal 14 Juli 2020.

"Tahapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 sesuai dengan PKPU Nomor 2 Tahun 2020, seluruh tahapan Pilkada harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dengan melakukan koordinasi bersama Gugus Tugas Covid - 19 serta tetap berpedoman pada prinsip - prinsip demokrasi. Untuk di Provinsi Kalsel ini akan dilakukan pemilhan serentak pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel, Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin dan Banjarbaru, serta Bupati-Wakil Bupati Kabupaten," tambah Mendagri RI.

Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyampaikan dengan kunjungan kerja Mendagri RI bisa menambah semangat dalam penanganan Covid-19 terutama di Kalsel yang mana masih merupakan zona merah serta akan melaksanakan Pilkada tahun 2020 sehingga Pemerintah Daerah mendukung penuh KPU dan Bawaslu dengan cara memberikan hibah APD untuk Anggota Bawaslu untuk kelancaran Pilkada tahun 2020 serta memberikan dana 100 persen pelaksanaan Pilkada ke KPU dan diteruskan ke Bawaslu.

Diakhir kegiatan, Mendagri RI Jenderal Pol. (Purn) Tito Karnavian, P.hD. menyerahkan Masker dan Buku kepada Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, serta Penyerahan Buku Pedoman Manajemen Penanganan Covid – 19.

(sm/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment