Kakorlantas Imbau Masyarakat Tak Mudik Dengan Sepeda Motor

6 March 2024 - 11:30 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan mengimbau masyarakat tidak mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor saat Lebaran 2024.

"Untuk sepeda motor itu kami tidak melarang, artinya tidak melarang, tetapi mengimbau," jelasnya dikutip dari Antara, Selasa (5/3/24).

Baca Juga: Polda Riau Berhasil Musnahkan Ratusan Botol Miras

Kakorlantas menjelaskan, mudik menggunakan sepeda motor rawan menimbulkan kecelakaan, terlebih pemudik menggunakan kendaraan sambil membawa barang dalam jumlah banyak. Tak dipungkiri, kerap ditemukan pemudik yang memodifikasi motornya agar bisa mengangkut banyak barang.

"Melihat angka kecelakaan lalu lintas yang ada, sekitar 73 persen sepeda motor itu menjadi korban atau terlibat kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Lebih lanjut Kakorlantas memaparkan, untuk mengakomodasi masyarakat yang hendak mudik dan tidak menggunakan sepeda motor, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN beserta pihak swasta akan menggelar mudik gratis. Kementerian Perhubungan juga akan menyiapkan truk untuk mengangkut sepeda motor masyarakat yang akan mudik maupun balik lebaran.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment