Inilah Beberapa Makanan dan Minuman Khas Sulawesi Barat

7 October 2022 - 21:15 WIB
https://www.idntimes.com/

Tribratanews.polri.go.id - Mamuju, salah satu kota yang ada di Sulawesi Barat yang merupakan pemekaran di Pulau Sulawesi. Mamuju daerah yang terkenal dengan kakao kualitas terbaik. Bagi pecinta kopi tentu mengenal kopi robusta asal Mamuju. Jumat, (10/7/22)

Seperti wilayah lainnya, Mamuju juga memiliki banyak makanan dan minuman khas, bahkan beberapa di antaranya merupakan makanan dan minuman legendaris.

Inilah Beberapa Makanan dan Minuman Khas Sulawesi Barat:

1. Kue Cucur

Hidangan tradisional Sulawesi Barat yang berbentuk bulat pipih ini kerap meramaikan berbagai acara hajatan di Mamuju dan sekitarnya.

Terbuat dari tepung beras dan gula merah yang digoreng dengan minyak kelapa khas Mandar ini memiliki cita rasa yang manis.

2. Apang

Apang adalah kue tradisional Sulawesi Barat, khususnya di daerah Mandar. Memiliki warna kecoklatan dengan bahan dasar gula aren dan tepung beras yang dikukus, kue ini bisa menjadi salah satu cemilan ketika berkunjung ke Mamuju.

3. Kue Kui Kui

Kue kui-kui merupakan salah satu jajanan khas Mamuju yang mirip dengan pukis, namun kui-kui bentuknya lebih panjang dengan cita rasa yang berbeda dengan kue pukis.

4. Sarabba

Sarabba adalah minuman kesehatan yang terbuat dari bahan dasar jahe, gula merah, kuning telur, dan santan. Hampir sama dengan minuman khas Jawa yaitu wedang ronde namun sarabba rasanya lebih unik dan berbeda.

5. Es Pallu Butung

Es pallu butung atau lebih dikenal dengan es pisang ijo merupakan salah satu minuman Khas dari Sulawesi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Es pallu butung juga menjadi minuman khas yang wajib dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi utamanya Kota Mamuju.

Sumber: https://kumparan.com/berita-terkini/5-makanan-dan-minuman-khas-mamuju-yang-legendaris-1yS7vPVlM2g/full

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment