Gerak Cepat, Polri dan Aparat Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Bengkalis

19 March 2023 - 16:18 WIB
Divisi Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Riau. Kebakaran lahan terjadi di Desa Kembung Luar, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau pada Sabtu (18/3/2023).

Kapolri Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, kondisi lahan yang terbakar yakni jenis tanah gambut dan semak ringan. Usai mendapatkan laporan, aparat gabungan dari Polri, TNI, Damkar, BPBD dan lainnya pun dengan cepat melakukan pemadaman.

Baca juga : Jabat Ketum Inkanas, Dankor Brimob akan Lanjutkan Kinerja Apik Mantan Kapolri

Irjen Pol. Iqbal menjelaskan, pada Jumat (17/3), masyarakat sekitar melihat ada asap dari arah hutan yang diduga adalah asap kebakaran.

"Kemudian para saksi berupaya mencari arah titik api yang dimaksud, namun tidak ditemukan dan kerena sudah malam akan dilanjutkan besok Sabtu," ujar Irjen Pol. Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Ahad (19/3/2023).

Selanjutnya pada hari H kejadian atau Sabtu (18/3), personel Polsek Bantan bersama Kepala Desa dan masyarakat Desa Kembung Luar melanjutkan pencarian. Setelah menyelusuri hutan dengan berpedoman pada asap yang terlihat di langit, kemudian ditemukan titik api yang dimaksud pada sekitar pukul 10.00 WIB.

"Selanjutnya dilakukan verifikasi titik hotspot dan melakukan pemadaman dengan personel gabungan," jelas Irjen Pol. Iqbal.

Irjen Pol. Iqbal pun belum bisa memastikan luas lahan yang terbakar. Pun penyebab terbakarnya lahan tersebut. Personel pun kini tengah menyelidiki asal muasal api.

"Lahan yang terbakar tidak seberapa jauh dari perkebunan masyarakat sekitar. Saat ini masih dilakukan pemadaman agar kebakaran tak meluas," tutup Irjen Pol. Iqbal

(ndt/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment