Gempa Berkekuatan 4,8 Magnitudo Guncang Wilayah Pesisir Barat, Lampung

25 February 2023 - 13:39 WIB
BMKG

Tribratanews.polri.go.id - Lampung. Wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Lampung diguncang gempa bumi dengan kekuatan 4,8 magnitudo pada Sabtu (25/02/23) pukul 09.08 WIB.

"Gempa bumi magnitudo 4,8 dengan pusat gempa berada di laut 59 kilometer barat daya Pesisir Barat," jelas BMKG yang dilaporkan melalui situs resminya. 

Baca juga : Gempa Berkekuatan 5,2 Magnitudo Guncang Wilayah Seluma, Bengkulu

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar, Mirza Sahri, mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG gempa bumi terjadi pukul 09.08 WIB.

"Sampai saat ini dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," jelas Kepala BPBD Pesbar.

Kepala BPBD Pesbar menjelaskan, meski gempa berada di laut 59 km Barat Daya, namun gempa terasa cukup kuat. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan di wilayah Pesisir Barat.

Kepala BPBD Pesbar mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan jangan panik.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah di Kabupaten Pesisir Barat agar tetap tenang," ungkapnya.

Dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,8 SR berpusat pada koordinat 5.72 LS 103.87 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 59 km barat daya Pesisir Barat pada kedalaman 29 km.

(fz/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment