Dinsos DKI Pulangkan 1.133 Orang Terlantar ke Kampung Halaman

3 October 2024 - 20:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta pada periode Januari hingga September 2024 telah memulangkan 1.113 orang telantar ke kampung halamannya masing-masing.

"Kami mengantarkan mereka ke pool bus sesuai tujuan pemulangan dan jadwal keberangkatan," ungkap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, Kamis (3/10/24).

Kadinsos menyebut pihaknya bekerjasama dengan Perum Damri untuk pemulangan ribuan orang terlantar tersebut. Sedangkan daerah tujuan pemulangan mencakup Lampung, Tasikmalaya, Cilacap, Semarang dan Surabaya.

Pemulangan orang terlantar pada Januari (88), Februari (128), Maret (127), April (111), Mei (138), Juni (107), Juli (149), Agustus (137) dan September (128).

Kadinsos menjabarkan, proses identifikasi dan verifikasi (pengecekan dan perekaman sidik jari), pendataan dan dokumentasi orang terlantar dilakukan terlebih dahulu sebelum dipulangkan ke daerah asal.

Setelah itu, dilakukan asesmen yang melibatkan Pekerja Sosial, Penyuluh Sosial dan Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (Satgas P3S).

Kemudian dibuat surat pengantar ke Dinas Sosial pemerintah daerah tujuan dan tiket kendaraan. "Setelah itu, kami mengantarkan mereka ke pool bus sesuai tujuan pemulangan dan jadwal keberangkatan. Kemudian kami lakukan terminasi," jelas Kadinsos.

Kriteria orang terlantar yang dapat diberikan layanan pemulangan, yakni terlantar karena korban penipuan, korban tindak kriminal (seperti hipnotis, kecopetan dan lain-lain), korban yang dijanjikan pekerjaan tapi tidak dibayar dan sejenisnya.

Kadinsos berharap pemulangan orang terlantar ini, bukan hanya sekadar langkah administratif, tetapi juga bentuk nyata dari kepedulian sosial dan tanggung jawab bersama dalam menciptakan kota yang lebih manusiawi dan berkeadilan sehingga dapat mewujudkan ketertiban bagi lingkungan Jakarta.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment