Ciptakan Budaya Berlalulintas yang Baik, Kapolda Kalsel Launching E-TLE Nasional Presisi
28 March 2022 - 12:25 WIB


Tribratanews.polri.go.id – Banjarmasin. Korlantas Polri resmi melaunching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tahap ke 2 secara nasional. Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menghadiri langsung E-TLE di Jawa Timur di ikuti secara virtual di 13 Polda di Indonesia.

Adapun 13 Polda yang resmi menetapkan E-TLE diantaranya Polda Kalimantan Selatan, Polda Sumatera Utara, Polda Sumatera Selatan, Polda Bangka Belitung, Polda Bengkulu, Polda Kalimantan Barat, Polda, Polda Kalimantan Tengah, Polda Kalimantan Timur, Polda Gorontalo, Polda NTB, Polda NTT, Polda Papua dan Polda Papua Barat.

Usai mengikuti launching E-TLE, Kapolda Kalsel, Irjen. Pol. Drs. Rikhwanto, S.H., M.Hum., mengatakan, melalui E-TLE ini akan tercipta budaya berlalulintas yang baik, ketertiban dan kelancaran berlalulintas, dengan sistem yang simpel, kalau melanggar kena tilang, bayar, kalau keberatan bisa datang.

“Tidak semua yang tercapture kamera harus kena tilang, kalau memang ada komplain boleh, ini maksudnya untuk memudahkan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari di era digital sekarang,” papar Kapolda Kalsel.

Kedepannya, kita bekerjasama dengan pemerintah daerah akan menambah spot-spot kamera E-TLE ini, agar masyarakat semakin tertib, dalam mendukung kerja kamera canggih ini kita harus memodifikasi beberapa ruas jalan.

“Ada spot-spot jalan persimpangan yang perlu di modifikasi, seperti kotak merah yang berada di perempatan jalan, itu diperuntukkan bagi roda dua agar tidak jadi penumpukan, mobil tidak boleh masuk ke kotak merah tersebut, kalau tidak seperti itu maka akan semakin banyak pelanggaran yang dilakukan pengendara,” jelas Kapolda Kalsel.

Dengan adanya E-TLE tentu membantu pemerintah daerah untuk mendapatkan Pajak Asli Daerah (PAD), lanjutnya. Karena, melalui E-TLE pemilik kendaraan yang balik nama akan cepat.

Untuk di kabupaten, penerapan E-TLE akan ditinjau bersama stakeholder, apakah bisa diterapkan atau tidak, masalahnya bukan hanya sekedar menjalankan, tapi kamera ETLE ini anggarannya cukup besar.

“Kepolisian harus kolaborasi dengan pemerintah daerah, Pemerintah Provinsi, kabupaten dan kota harus membantu, kalau memang layak di daerahnya maka akan bisa diterapkan,” imbuh Kapolda Kalsel.

Semoga, dengan adanya E-TLE ini Kalimantan Selatan akan menjadi lebih baik lagi, semakin tertib berlalulintas, berkualitas masyarakatnya da kita menuju ke arah Smart City.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.051.205

Sembuh

5.890.826

Meninggal

156.481

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 18 May 2022 - 02:51
Sign in to leave a comment