Bangun Ekosistem dan Tata Kelola Lebih Baik, UINSU gandeng Polda Sumut Tandatangani MoU

9 December 2023 - 17:45 WIB
Foto : Antara

Tribratanews.polri.go.id - Medan. Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan, Prof. Dr. Nurhayati, M.Ag., bersama Kapolda Sumut, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam upaya membangun ekosistem dan tata kelola yang lebih baik.

"Kerja sama antara lembaga pendidikan tinggi dengan kepolisian merupakan upaya implementasi undang-undang kepolisian untuk membantu dan mendukung terciptanya kenyamanan, keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat," ujar Rektor UINSU Medan, Prof. Nurhayati, Sabtu (9/12/23).

Ia menyampaikan apresiasi atas kinerja Kapolda yang luar biasa, termasuk dalam menjalin kolaborasi kerja sama dengan perguruan tinggi. Kerja sama ini juga sebagai bentuk implementasi aturan tentang kepolisian yakni menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat, menegakkan hukum, memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat yang juga perlu berkolaborasi dengan pihak kampus. 

Baca Juga: Tim Gabungan Kepolisian Berhasi Gagalkan Perdagangan Ginjal Senilai Rp 175 Juta yang akan Dijual ke India

Bagi UINSU, kerja sama juga menyangkut dalam penguatan pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. UINSU juga turut mendukung upaya peningkatan kapasitas dan pemanfaatan SDM, termasuk petugas kepolisian. Rektor melaporkan, banyak polisi di Sumut yang berkuliah di UINSU dengan mengambil program doktor atau magister.

Sementara itu, Kapoldasu Sumut menyampaikan harapan agar MoU ini dijadikan sebagai payung hukum dalam penyelenggaraan keamanan, ketertiban dan penegakkan hukum dan tugas lain yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi kepolisian.

Kapolda menyadari bahwa saat ini masyarakat dibombardir dengan ketidakpercayaan publik terhadap institusi negara yang diakibatkan berbagai faktor. Hal ini, perlu diluruskan karena pendapat-pendapat tentang kekurangan institusi negara seperti pemerintah itu didasari persepsi bukan oleh data.

"Karena itu kita ingin meneguhkan peran negara yang harus didukung semua elemen di dalamnya, dalam hal ini ialah UINSU dan beberapa perusahaan mitra. Kita kokohkan peran negara, bersandar kepada dan yakin kita sudah berada dalam jalan yang benar," jelas Kapolda Sumut.

Jenderal Bintang Dua itu juga berharap agar MOU ini bisa menjadi bentuk bersandar kepada negara dan dampaknya bisa dirasakan dengan melibatkan kepolisian. Kerja sama ini juga sebagai bentuk untuk memajukan. Kerja sama dengan kampus, banyak polisi yang kuliah di UINSU, karena saat ini kita memerlukan polisi yang intelektual yang bisa menarasikan tindakannya.

"Agar hasil riset yang ada dari kampus, agar ada masukan dan bisa dikaji lebih mendalam dalam tugas-tugas kepolisian. Sehingga itu pasti lebih bermanfaat. Ini cara kita mengelola Medan dan Sumut dengan segala keberagamannya. Bahwa negara hadir dan jadi sandaran, untuk mencapai tujuannya. Agar persepsi negatif terhadap negara bisa diperbaiki," tutupnya.

(my/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment