5 Makanan Khas Bangka Belitung yang Patut Dicicipi

6 October 2022 - 19:26 WIB
Sumber Poto: merahputih.com

Tribratanews.polri.go.id - Makanan khas Bangka Belitung merupakan makanan yang banyak diolah menggunakan hasil laut. Karena selain daratan, kawasan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikelilingi oleh laut. Bahkan, makanan khas Bangka Belitung diolah dengan bumbu rempah dan teknik pengolahan yang sesuai sehingga hasil olahan masakan tidak amis. Rasanya pun enak dan unik dengan cita rasa tersendiri.

Berikut ini Makanan Khas Bangka Belitung :

1. Rusip

Rusip merupakan salah satu makanan tradisional Bangka Belitung. Kuliner ini terbuat dari ikan yang sudah difermentasikan dan digunakan sebagai sambal untuk lalapan daun singkong, mentimun, dan sebagainya.

2. Siput Gonggong

Siput gonggong adalah biota laut yang termasuk ke dalam jenis kerang-kerangan. Daging siput gonggong memiliki rasa yang lezat dan mempunyai kandungan protein yang tinggi.

Kelezatan siput gonggong sangat populer bahkan mengalahkan kepopuleran hidang keong dari Perancis yang bernama escargot.

3. Mie Koba

Mie Koba merupakan makanan tradisional berkuah kaldu ikan tenggiri kental. Racikan makanan ini berupa mie, potongan daun seledri, dan tauge. Kuliner ini menggunakan mie yang terbuat dari daging ikan tenggiri sehingga terasa gurih.

4. Berego

Berego merupakan hidangan mirip lontong yang terbuat dari tepung beras di campur sagu. Persamaannya adalah bentuknya bulat dan warnanya putih.

5. Sup Gangan

Sup gangan adalah sebutan untuk sup ikan khas Belitung yang mirip pindang kuning. Bedanya kuliner ini memiliki sensasi rasa gurih asam dan sedikit pedas.

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2022/09/26/203931878/7-makanan-khas-bangka-belitung-tidak-hanya-lempah-kuning?page=all

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment