Inilah 5 Makanan Khas Sunda Yang Bikin Ketagihan

6 October 2022 - 19:18 WIB
Sumber Poto: www.infobdg.com

Tribratanews.polri.go.id - Jika berbicara tentang makanan, Indonesia mempunyai beragam kuliner Nusantara yang sangat menggugah selera. Setiap daerah pasti mempunyai kekhasan kuliner masing-masing. Kekhasan tersebut sesuai dengan karakter penduduk, selera, ketersediaan, bahan makanan, serta berbagai faktor lainnya.

Salah satunya yang terkenal adalah makanan khas Sunda. Makanan khas Sunda sendiri tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat. Orang-orang mengenalnya dengan makanan yang didominasi dengan rasa manis dan dilengkapi dengan lalapan. Namun, ternyata kuliner dari Sunda ini tak hanya dominan rasa manis saja, ada juga cita rasa asin, pedas, asam segar, hingga gurih.

Berikut Beberapa Makanan Khas Sunda :

1. Surabi

Surabi adalah makanan khas Sunda yang bisa dengan mudah kamu jumpai saat kamu berjalan-jalan di sekitaran daerah Jawa Barat. Karena di daerah Jawa Barat banyak yang menjual surabi dengan harga yang terjangkau.

Surabi adalah makanan khas Sunda yang dibuat dari tepung dan dimasak dengan menggunakan tungku dan wajan yang berasal dari tanah liat yang berukuran kecil.

Surabi tradisional ada yang dibubuhi oncom, ataupun gula merah pada bagian atasnya. Sementara saat ini, Surabi sudah banyak yang berevolusi dengan beragamnya topping bagian atas surabi, ada yang ditambahkan seperti keju, stroberi, coklat, dan banyak lagi.

2. Cireng

Masih makanan dari aci, kali ini diolah dengan cara digoreng. Cireng terbuat dari oncom dan kacang ditumbuk. Kini, banyak juga cireng yang diberi isian berbagai macam.

3. Nasi Tutug Oncom

Tutug oncom ini merupakan hidangan nasi hangat yang dicampur olahan oncom. Selain rasanya super gurih, nasi tutug oncom biasa dihidangkan dengan cipe (aci tempe) dan sambal goang.

4. Lotek

Lotek adalah makanan khas Sunda yang merupakan campuran dari sayur-mayur, bumbu kacang, terasi, kencur, dan tambahan tempe. Secara penampilan, lotek mirip dengan gado-gado tetapi lebih manis.

Lotek dikenal sebagai makanan legendaris Jawa Barat. Tidak diketahui secara spesifik daerah asalnya karena lotek menyebar ke seluruh Jawa Barat.

5. Nasi Timbel

Nasi timbel atau dalam bahasa Sunda disebut sangu timbel adalah makanan khas Sunda berupa nasi yang dibungkus daun pisang dan dibakar sebagian. Tidak disebutkan secara jelas dari mana nasi timbel berasal, karena kuliner ini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Jawa Barat.

Sumber: www.detik.com

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment