Wajib Tahu, Lima Kebiasaan Malam Hari Ini Bisa Bikin Berat Badan Kalian Naik

1 March 2024 - 21:30 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.porli.go.id - Jakarta. Sejumlah kebiasaan yang harus dihindari yang mengakibatkan berat badan naik meskipun tidak terasa kenaikannya, untuk menghindari hal tersebut, kita harus mengubah gaya hidup yakni mulailah mengadopsi kebiasaan sehat seperti mengonsumsi makanan ringan yang sehat, membatasi asupan kalori. Pastikan juga tidur cukup, mengelola stres dengan cara yang positif, dan tetap aktif secara fisik.

Salah satu kebiasaan yang membuat berat badan naik atau gemuk yakni kebiasaan mengonsumsi makanan pada malam hari dan ada beberapa gaya hidup yang harus dihindari bagi mereka yang ingin mempertahankan berat badannya yakni:

1. Makan Malam Berat
Mengonsumsi makanan berat dan berkalori tinggi menjelang tidur dapat meningkatkan asupan kalori harian secara keseluruhan. Kondisi ini menyebabkan penambahan berat badan.

Baca Juga: Polisi Menetapkan Samsudin Sebagai Tersangka Dalam Konten Tukar Pasangan

2. Konsumsi Makanan Tinggi Lemak dan Gula
Makan camilan tinggi lemak, gula, atau garam seperti cokelat, kue, keripik, atau es krim memang terasa enak. Namun, hal ini dapat memberikan tambahan kalori tanpa memberikan nutrisi yang cukup.

3. Kurang Tidur
Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat memengaruhi metabolisme dan hormon yang mengatur nafsu makan. Sehingga meningkatkan keinginan untuk makan lebih banyak makanan tinggi kalori di malam hari.

4. Kebiasaan Makan Saat Nonton TV
Menonton TV sambil makan cenderung membuat Anda kurang sadar akan jumlah makanan yang dikonsumsi. Akibatnya dapat menyebabkan konsumsi kalori yang berlebihan.

5. Main Ponsel Sambil Berbaring di Tempat Tidur
Paparan cahaya biru yang dipancarkan ponsel, tablet, dan komputer dapat mengganggu produksi melatonin sehingga mempengaruhi kualitas tidur. Terapkan rutinitas waktu tidur tanpa layar setidaknya 30 menit sebelum tidur.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment