Banyak yang Belum Tahu, Ini 8 Khasiat Daun Binahong bagi Tubuh

1 March 2024 - 08:00 WIB
JPNN

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Daun binahong (Anredera cordifolia) merupakan salah satu tumbuhan yang kerap dijadikan sebagai obat herbal. Sebab, daun ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Tanaman asal China ini memang sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional secara turun temurun. Ada banyak manfaat yang didapat dari daun binahong, mulai dari mengobati sakit maag hingga gatal-gatal.

Sedikit informasi, daun binahong tumbuh secara merambat dan memiliki daun yang pendek. Dilihat dari segi fisiknya, daun ini berbentuk seperti hati dan berwarna hijau.

Daun binahong menyimpan segudang khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Mengutip buku 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan oleh Yusuf CK Arianto, berikut manfaat daun binahong.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (29/1/24), berikut sederet manfaat daun binahong bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengobati Gatal

Baca Juga: Terganggu Jika Menelan Sesuatu saat Sakit Tenggorokan? Ini Sederet Minuman yang Ampuh Mengatasinya

Manfaat yang pertama adalah mampu mengobati rasa gatal di kulit. Hal ini karena daun binahong mengandung flavonoid dan saponin yang memiliki sifat anti jamur.

Cara pakainya, ambil beberapa lembar daun binahong, lalu cuci sampai bersih. Kemudian tumbuk daun sampai halus, lalu oleskan ke bagian kulit yang gatal.

2. Menyembuhkan Luka

Daun binahong diyakini dapat menyembuhkan luka hingga bengkak di tubuh. Sebab, kandungan saponin di daun ini berperan sebagai antiseptik, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.

Cara pakainya, ambil beberapa lembar daun binahong dan tumbuk sampai halus. Kemudian tempelkan di kulit yang terluka secara perlahan.

3. Mencegah Diabetes

Daun binahong ternyata mampu mencegah seseorang terkena diabetes. Kandungan senyawa steroid, flavonoid, dan kumarin diyakini dapat menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus. Selain itu, ketiga senyawa itu dapat meningkatkan produksi insulin.

Cara pakainya, ambil dan bersihkan 11 lembar daun binahong, kemudian rebus sampai matang. Jika sudah, tuangkan ke dalam gelas dan minum selagi hangat.

4. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Manfaat daun binahong berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan ginjal. Ekstrak daun ini dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal, khususnya bagi penderita ginjal kronis.

Cara penggunaannya, ambil dan bersihkan 7 lembar daun binahong, kemudian rebus sampai matang. Jika sudah, tuangkan ke dalam gelas dan minum selagi hangat.

5. Mengatasi Asam Urat dan Pegal Linu

Badan terasa pegal-pegal? Cobalah mengkonsumsi daun binahong secara rutin. Tak hanya itu, daun binahong mengandung flavonoid yang berkhasiat menghambat pembentukan asam urat di tubuh.

Ada dua cara yang bisa digunakan, yang pertama adalah dengan menumbuk daun binahong sampai halus, lalu dibalurkan ke badan yang pegal. Cara kedua adalah dengan meminum air rebusan daun binahong yang ditambah satu sendok makan madu.

6. Mengatasi Jerawat

Obat binahong ternyata dapat mengatasi jerawat sekaligus mencerahkan kulit, lho. Cara pakainya juga mudah, cukup ambil 5 lembar daun binahong, lalu tumbuk sampai halus.

Jika sudah, oleskan daun binahong ke seluruh wajah secara perlahan, layaknya menggunakan masker wajah. Lakukan cara ini secara teratur setiap malam sebelum tidur.

7. Menyembuhkan Batuk

Batuk yang tak kunjung hilang tentu sangat membantu aktivitas sehari-hari. Apabila mengkonsumsi obat medis masih belum efektif, cobalah meminum ramuan daun binahong.

Cara penggunaannya, ambil dan cuci 10 lembar daun binahong. Setelah itu, rebus daun sampai matang, kemudian tuang ke dalam gelas dan minum selagi hangat.

8. Mengatasi Anemia

Manfaat daun binahong yang terakhir adalah dapat mengatasi anemia. Sebagai informasi, anemia terjadi karena produksi sel darah merah di tubuh terlalu sedikit. Untuk menambah sel darah tersebut, disarankan mengkonsumsi daun binahong.

Soalnya, daun binahong mengandung zat besi alami yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment