Temu Mangga, Herbal yang Mengandung Banyak Manfaat

12 June 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tanaman Temu mangga atau yang biasa di sebut jahe mangga ini merupakan tanaman yang jarang sekali orang ketahui. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa di ambil dari rempah satu ini.

Rempah satu ini mengandung banyak sekali antioksidan, antiseptik alami, anti inflamasi dan biasa digunakan untuk mengatasi sakit pencernaan.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (8/6/24), berikut sederet khasiat temu mangga yang ternyata mengandung banyak zat baik, antara lain:
 
1. Mengandung Antioksidan

Rempah satu ini ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tubuh manusia yang tidak bisa menghasilkan antioksidan sendiri tentunya memerlukan bahan lain yang bisa manghasilkan zat terserbut. Antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal dari zat radikal bebas yang dapat merusak tubuh.
 
2. Mencegah Perkembangan Kanker

Kunyit mangga terbukti mengandung zat anti kanker, selain mengandung antioksidan yang tinggi ternyata rempah satu ini mengandung protein bernama toksis. Protein ini dapat menjadi penangkal dari sel kanker. 
 
Di dalam kunyit mangga juga terdapat kandungan RIP (Ribosome Inactivating Protein) yang berfungsi sebagai penangkal pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia, sehingga sel kanker tersebut tidak dapat berkembang dan akan mati dengan sendirinya.

3. Mengandung Anti Inflamasi

Rempah satu ini ternyata mampu mencegah peradangan yang terjadi di dalam tubuh, Peradangan atau inflamasi ini ternyata menjadi salah satu penyebab kanker.

Namun sebagai bahan yang mengandung antioksidan yang tinggi Rempah satu ini mampu membantu mengoptimalkan regenerasi sel sel yang telah mati dan rusak.

4. Obat Awet Muda

Salah satu zat yang terkandung di dalam Kunyit mangga yaitu Vitamin E, sudah teruji bahwa Vitamin E mampu menjaga keremajaan kulit. Sebab Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang bisa meregenerasi sel mati dan memperbaiki sel sel yang telah rusak.

Dengan begitu apabila kita mengonsumsi kunyit mangga dengan teratur maka kulit kita akan tampak bersinar, lembab, dan awet muda.
 
Dengan kandungan tersebut jika di konsumsi dengan teratur maka akan sangat berdampak kepada kesehatan tubuh kita dan juga membuat kita awet muda.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment