Kecanduan Nikotin? Ini Sederet Cara Ampuh Mengatasinya

11 June 2024 - 06:45 WIB
Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Penggunaan nikotin tak hanya ada di rokok biasa, tetapi juga di dalam rokok elektrik. Zat yang tergolong stimulan ini bahkan bisa masuk ke dalam otak dalam hitungan detik. Saat zat nikotin masuk ke dalam tubuh, otak akan merespons dengan melepaskan hormon dopamin sehingga memberikan efek relaks, senang, dan semangat.

Nikotin dapat bertahan di dalam tubuh selama 6–8 jam setelah merokok. Zat ini dapat membuat pembuluh darah menyempit sehingga aliran darah, oksigen, dan nutrisi untuk tubuh terhambat. Akibatnya, fungsi organ-organ tubuh pun terganggu. Bila kecanduan nikotin tidak diatasi, bahaya nikotin dapat memicu serangan jantung.

Ketika nikotin dikonsumsi secara terus-menerus, seorang perokok mungkin dapat merasakan sesak napas, kebingungan, seperti akan pingsan, kejang, bahkan gagal napas. Sementara itu, pada orang yang baru pertama kali merokok, kandungan nikotin dapat menyebabkan batuk, pusing, sakit kepala, serta mual dan muntah.

Namun, saat akan berhenti merokok, seseorang perokok bisa merasakan gejala putus nikotin berupa cemas, tidak bisa tidur, susah konsentrasi, sakit kepala, dan batuk. Inilah alasannya perokok justru ingin terus merokok agar tidak mengalami gejala-gejala tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (7/6/24), berikut sederet cara yang dapat dilakukan untuk atasi kecanduan nikotin, antara lain:

1. Kurangi jumlah rokok

Anda bisa coba mulai dengan menunda untuk merokok 2 jam setiap hari. Sebagai contoh, jika Anda biasa merokok jam 8 pagi, usahakan hanya merokok kembali di jam 10 pagi esok harinya. Lakukan cara ini setiap hari dan sesuaikan dengan jam Anda merokok di hari sebelumnya.

Jika cara di atas terlalu berat, Anda bisa kurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya secara bertahap. Namun, cara ini lebih efektif jika Anda belum tergolong perokok berat.

2. Terapi perilaku

Jika sudah kecanduan nikotin dan merasa sangat sulit berhenti merokok, Anda bisa konseling ke psikolog. Umumnya, konselor akan menyarankan terapi perilaku untuk mengatasinya.

Terapi perilaku akan mengidentifikasi pemicu perilaku merokok sehingga cara berhenti merokok akan disesuaikan dengan kondisi Anda. Terapi ini juga bermanfaat untuk meringankan gejala putus nikotin yang dialami.

3. Terapi pengganti nikotin

Terapi ini dilakukan dengan pemberian kandungan nikotin dalam dosis rendah dari produk selain rokok. Beberapa pengganti nikotin yang diresepkan oleh dokter berupa permen karet, tablet hisap, obat semprot hidung (nasal spray), atau koyo.

Terapi pengganti nikotin diharapkan dapat mengurangi keinginan merokok sampai akhirnya berhenti dengan sendirinya.

4. Menggunakan obat-obatan

Kecanduan nikotin juga bisa diatasi dengan pemberian obat, seperti bupropion dan varenicline. Kedua obat tersebut bekerja dengan meniru efek zat nikotin di dalam tubuh sehingga gejala putus nikotin bisa dicegah. Konsumsi obat-obatan untuk kecanduan nikotin harus diresepkan oleh dokter.

Untuk memaksimalkan pengobatan, pemberian obat juga mungkin bisa dikombinasikan dengan cara lain, misalnya terapi perilaku untuk mendukung keberhasilan.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment