Tak Setenar Sawo, Nyatanya Buah Ini Miliki Segudang Manfaat

19 October 2024 - 08:39 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Buah campolay ini berbentuk bulat dan lonjong, dengan kulit berwarna jingga atau kuning kehijauan. Daging buahnya terasa manis dan bertekstur lembut seperti mentega. Oleh karena itu, buah campolay sering disebut sebagai sawo mentega.

Buah campolay berasal dari negara-negara Amerika Tengah, khususnya Meksiko, dan banyak dibudidayakan di daerah tropis lainnya, termasuk Indonesia. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai salah satu bahan dasar dalam produk olahan makanan.

Buah campolay mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta berbagai mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Menariknya lagi, buah campolay juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (18/10/24), berikut sederet khasiat buah campolay bagi tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan sumber energi

Buah campolay tinggi akan kandungan karbohidrat sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi tubuh. Tak hanya itu, kandungan vitamin B dan vitamin C di dalamnya juga dapat berperan untuk menjaga daya tahan tubuh serta mendukung metabolisme.

2. Melancarkan pencernaan

Sama seperti kebanyakan buah lainnya, buah campolay juga mengandung serat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Kandungan serat ini dapat membantu proses pencernaan makanan di usus, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada buah campolay berperan untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan retina serta mencegah rabun senja dan degenerasi makula.

Tak hanya itu, agar lebih maksimal dalam menjaga kesehatan mata, hindari pula beberapa kebiasaan yang dapat merusak mata, seperti terlalu lama menatap layar gadget dan tidak menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

4. Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi

Buah campolay mengandung dua mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang, yaitu kalsium dan fosfor. Kedua kandungan ini dapat mendukung pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi serta menjaga kesehatannya secara keseluruhan.

Tak hanya rutin mengonsumsi buah campolay, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian agar kekuatan tulang dan gigi makin optimal.

5. Mencegah anemia

Buah campolay juga bermanfaat untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi pada buah ini berperan penting dalam produksi sel darah merah. Dengan begini, tubuh tidak akan kekurangan sel darah merah, sehingga anemia dapat dicegah.

Kandungan vitamin C pada buah campolay juga dapat membantu penyerapan zat besi pada tubuh. Tak hanya buah campolay, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya guna membantu mencegah anemia, seperti daging merah, ikan, dan sayuran hijau.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium pada buah campolay dapat menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat membantu mengatur tekanan darah sehingga menurunkan risiko terjadinya hipertensi dan berbagai masalah jantung lainnya.

Tak hanya itu, kandungan serat yang tinggi pada buah campolay juga berkontribusi untuk menjaga kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

7. Mencegah penyakit kronis

Buah campolay dapat mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker, yang dipicu akibat paparan radikal bebas. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel tubuh.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment